EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Tumbuh di batang Ulin"

Benih-benih pohon tumbuh di sela-sela batang pohon ulin yang telah mati. Kayu Ulin itu masih bisa ditemukan di kawasan kebun milik  SDN 010 Bongan

(Foto: Rif'at Syauqi - Pelajar SDN 10 Bongan)

“Bunga Rumput Liar"

Sejumlah bunga rumput liar mirip bunga Anggrek, di temukan di depan ruang kelas 3 SDN Mekartani. Jenis rumput liar ini berbunga setiap hari secara bergantian. 

(Foto: Sri Maryati - Guru SDN Mekartani)

“Kampung Resak"

Kehidupan sore hari di kampung Resak Lama, di wilayah kecamatan Bongan, Kutai Barat. Suasananya yang asri dan warganya yang ramah. Hampir sebagian besar kampung unik itu didiami oleh keturunan suku dayak.

(Foto: Aji Nukhsyahbandi - Guru SDN 10 Bongan)

“Kelompok Musik"

Sekelompok pemusik tradisional bersiap menyambut kedatangan tamu pengantin laki-laki dalam adat pernikahan suku Dayak Lengilu di Desa Tanjung Lapang, Kec. Malinau Barat, Kalimantan Utara.

(Foto: Paksual - Guru SDN 002 Malinau Selatan Hilir)

“Melestarikan Adat"

Seorang siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, berpose di dalam balai adat Desa Setulang. Upaya penyelamatan budaya Dayak Kenyah Oma Lung masih terus dilakukan warga setempat.

(Foto: Erlan - Pelajar SDN 002 Setulang Malinau Selatan Hilir)

“Panen Kacang"

Para petani desa Mekartani sedang memanen tanaman kacang tanah. Hasil ladang itu dipasarkan di sekitar desa atau dijual hingga ke wilayah kecamatan Mendawai

(Foto: Yasmin - Pelajar SDN Mekartani)

“Kolam Terpal"

Di SDN 010 Bongan terdapat kolam buatan yang dilapisi terpal, untuk memelihara ikan nila. Tempat ini sering dijadikan media pembelajaran bagi siswa tentang keseimbangan ekosistem.

(Foto: Kurnia Syahfira D. - Pelajar SDN 10 Bongan)

YAYASAN PEMULIH NUSANTARA - MULIANTARA


Yayasan Pemulih Nusantara (Muliantara) adalah sebuah lembaga non-pemerintah yang bergerak di bidang pengembangan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia. Muliantara memiliki visi menjadikan masyarakat yang sejahterah dan berkelanjutan dengan meningkatkan keahlian, partisipasi, dan pemahaman masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan, pemulihan ekosistem, perubahan iklim, dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan dan penyadartahuan.

Pada Tahun 2017 BioComunica yang telah mengerjakan program ESD di kalimantan berubah nama menjadi Yayasan Pemulih Nusantara. Saat ini Muliantara melaksanakana salah satu program pendampingan Kampung Berkelanjutan (Sustainable Village) di Provinsi Papua, dan Papua Barat. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi: 1) Melakukan aksi dan riset konservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem. 2)Melakukan analisis kebijakan terhadap koservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem, pembangunan ketahanan dan kesiapan menghadapi perubahan iklim, pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis keanekaragaman hayati dan budaya setempat. 3)Melakukan usaha pengembangan pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati serta budaya setempat melalui ekonomi kreatif (termasuk ekowisata). 4)Melakukan pendidikan dan penyadartahuan masyarakat dalam konsevasi keanekaragaman hayati, budaya lokal, perubahan iklim, kewirausahaan, dan ekonomi kreatif.

Nama

Yayasan Pemulih Nusantara (MULIANTARA)

Email

Puri Cipageran Indah II C5-1, Kelurahan Tani Mulya, Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat 40552

Email

pemulihnusantara@gmail.com

Para Pendiri

1.   Mochamad Saleh

2.   Renata Puji Sumedi

3.   Witry Ruchanda

4.   Fayi Raihan Saleh

Maksud dan Tujuan

Masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan, melalui:

1.   Terpulihkannya keanekaragaman hayati/ekosistem yang mengalami kerusakan di wilayah Nusantara bersama para pihak.

2.   Berkembangnya ekonomi kreatif masyarakat berbasiskan pengembangan budaya dan sumberdaya hayati lokal.

3.   Terbangunnya kesiapan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim .

4.   Meningkatnya keahlian, partisipasi, dan pemahaman masyarakat  dalam pembangunan berkelanjutan, pemulihan ekosistem, perubahan iklim, dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan dan penyadartahuan

Kegiatan

1.   Melakukan aksi dan riset konservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem.

2.   Melakukan analisis kebijakan terhadap koservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem, pembangunan ketahanan dan kesiapan menghadapi perubahan iklim, pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis  keanekaragaman hayati dan budaya setempat.

3.   Melakukan usaha pengembangan pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati serta budaya setempat melalui ekonomi kreatif (termasuk ekowisata).

4.   Melakukan pendidikan dan penyadartahuan masyarakat dalam konsevasi keanekaragaman hayati, budaya lokal, perubahan iklim, kewirausahaan, dan ekonomi kreatif

Pembina

Mochamad Saleh

Renata Puji Sumedi

Susunan Pengurus

Ketua : Fayi Raihan Saleh

Sekreatris : Asti Nur Annissa Aos

Bendahara : Witry Ruchanda

Pengawas

Vidya Sari Nalang

Akta Notaris

Tanggal 26 Agustus 2017 No. 8

NPWP

82.795.129.4-421.000

No Rekening

0131-01-017024-53-3

BRI Cabang Cimahi

An. Yayasan Pemuih Nusantara