EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

YAYASAN PEMULIH NUSANTARA - MULIANTARA


MULIANTARA - Yayasan Pemulih Nusantara
Muliantara berdiri pada tanggal 27 Agustus 2017 memiliki tujuan membangun masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan melalui: terpulihkannya keanekaragaman hayati/ekosistem bersama para pihak, berkembangnya ekonomi kreatif masyarakat berbasiskan pengembangan budaya dan sumberdaya hayati lokal, dan terbangunnya kesiapan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim di wilayah Nusantara.

Saat ini Muliantara bergerak di bidang restorasi ekosistem, pengembangan ekowisata, penyiapan masyarakat dan peningkatan ketahanan iklim, serta pendidikan pembangunan berkelanjutan atau Education for Sustainable Development (ESD). Salah satu program yang sedang dijalankan oleh Muliantara adalah Pengembangan Kampung Berkelanjutan (Sustainable Village) di Provinsi Papua Barat dan Papua, tepatnya di Kampung Menarbu, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dan Kampung Napan Yaur, Distrik Teluk Umar, Kabupaten Nabire, Papua. Dengan pengembangan kampung berkelanjutan. Masyarakat bersama pemerintah kampung memahami tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), dan mampu menerapkan konsep dan nilai pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari, dan berkontribusi terhadap capaian dalam menuju pembangunan berkelanjutan.

Kontak Kami Email: [email protected]
Instagram: @pemulihnusantara

Nama

Yayasan Pemulih Nusantara (MULIANTARA)

Email

Puri Cipageran Indah II C5-1, Kelurahan Tani Mulya, Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat 40552

Email

[email protected]

Para Pendiri

1.   Mochamad Saleh

2.   Renata Puji Sumedi

3.   Witry Ruchanda

4.   Fayi Raihan Saleh

Maksud dan Tujuan

Masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan, melalui:

1.   Terpulihkannya keanekaragaman hayati/ekosistem yang mengalami kerusakan di wilayah Nusantara bersama para pihak.

2.   Berkembangnya ekonomi kreatif masyarakat berbasiskan pengembangan budaya dan sumberdaya hayati lokal.

3.   Terbangunnya kesiapan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim .

4.   Meningkatnya keahlian, partisipasi, dan pemahaman masyarakat  dalam pembangunan berkelanjutan, pemulihan ekosistem, perubahan iklim, dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan dan penyadartahuan

Kegiatan

1.   Melakukan aksi dan riset konservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem.

2.   Melakukan analisis kebijakan terhadap koservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem, pembangunan ketahanan dan kesiapan menghadapi perubahan iklim, pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis  keanekaragaman hayati dan budaya setempat.

3.   Melakukan usaha pengembangan pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati serta budaya setempat melalui ekonomi kreatif (termasuk ekowisata).

4.   Melakukan pendidikan dan penyadartahuan masyarakat dalam konsevasi keanekaragaman hayati, budaya lokal, perubahan iklim, kewirausahaan, dan ekonomi kreatif

Pembina

Mochamad Saleh

Renata Puji Sumedi

Susunan Pengurus

Ketua : Fayi Raihan Saleh

Sekreatris : Asti Nur Annissa Aos

Bendahara : Witry Ruchanda

Pengawas

Vidya Sari Nalang

Akta Notaris

Tanggal 26 Agustus 2017 No. 8

NPWP

82.795.129.4-421.000

No Rekening

0131-01-017024-53-3

BRI Cabang Cimahi

An. Yayasan Pemuih Nusantara

Kunjungi situs dan Instagram kami: