EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

YAYASAN PEMULIH NUSANTARA - MULIANTARA


MULIANTARA - Yayasan Pemulih Nusantara
Muliantara berdiri pada tanggal 27 Agustus 2017 memiliki tujuan membangun masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan melalui: terpulihkannya keanekaragaman hayati/ekosistem bersama para pihak, berkembangnya ekonomi kreatif masyarakat berbasiskan pengembangan budaya dan sumberdaya hayati lokal, dan terbangunnya kesiapan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim di wilayah Nusantara.

Saat ini Muliantara bergerak di bidang restorasi ekosistem, pengembangan ekowisata, penyiapan masyarakat dan peningkatan ketahanan iklim, serta pendidikan pembangunan berkelanjutan atau Education for Sustainable Development (ESD). Salah satu program yang sedang dijalankan oleh Muliantara adalah Pengembangan Kampung Berkelanjutan (Sustainable Village) di Provinsi Papua Barat dan Papua, tepatnya di Kampung Menarbu, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dan Kampung Napan Yaur, Distrik Teluk Umar, Kabupaten Nabire, Papua. Dengan pengembangan kampung berkelanjutan. Masyarakat bersama pemerintah kampung memahami tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), dan mampu menerapkan konsep dan nilai pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari, dan berkontribusi terhadap capaian dalam menuju pembangunan berkelanjutan.

Kontak Kami Email: [email protected]
Instagram: @pemulihnusantara

Nama

Yayasan Pemulih Nusantara (MULIANTARA)

Email

Puri Cipageran Indah II C5-1, Kelurahan Tani Mulya, Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat 40552

Email

[email protected]

Para Pendiri

1.   Mochamad Saleh

2.   Renata Puji Sumedi

3.   Witry Ruchanda

4.   Fayi Raihan Saleh

Maksud dan Tujuan

Masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan, melalui:

1.   Terpulihkannya keanekaragaman hayati/ekosistem yang mengalami kerusakan di wilayah Nusantara bersama para pihak.

2.   Berkembangnya ekonomi kreatif masyarakat berbasiskan pengembangan budaya dan sumberdaya hayati lokal.

3.   Terbangunnya kesiapan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim .

4.   Meningkatnya keahlian, partisipasi, dan pemahaman masyarakat  dalam pembangunan berkelanjutan, pemulihan ekosistem, perubahan iklim, dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan dan penyadartahuan

Kegiatan

1.   Melakukan aksi dan riset konservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem.

2.   Melakukan analisis kebijakan terhadap koservasi keanekaragaman hayati, pemulihan ekosistem, pembangunan ketahanan dan kesiapan menghadapi perubahan iklim, pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis  keanekaragaman hayati dan budaya setempat.

3.   Melakukan usaha pengembangan pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati serta budaya setempat melalui ekonomi kreatif (termasuk ekowisata).

4.   Melakukan pendidikan dan penyadartahuan masyarakat dalam konsevasi keanekaragaman hayati, budaya lokal, perubahan iklim, kewirausahaan, dan ekonomi kreatif

Pembina

Mochamad Saleh

Renata Puji Sumedi

Susunan Pengurus

Ketua : Fayi Raihan Saleh

Sekreatris : Asti Nur Annissa Aos

Bendahara : Witry Ruchanda

Pengawas

Vidya Sari Nalang

Akta Notaris

Tanggal 26 Agustus 2017 No. 8

NPWP

82.795.129.4-421.000

No Rekening

0131-01-017024-53-3

BRI Cabang Cimahi

An. Yayasan Pemuih Nusantara