EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Tumbuh di batang Ulin"

Benih-benih pohon tumbuh di sela-sela batang pohon ulin yang telah mati. Kayu Ulin itu masih bisa ditemukan di kawasan kebun milik  SDN 010 Bongan

(Foto: Rif'at Syauqi - Pelajar SDN 10 Bongan)

“Bunga Rumput Liar"

Sejumlah bunga rumput liar mirip bunga Anggrek, di temukan di depan ruang kelas 3 SDN Mekartani. Jenis rumput liar ini berbunga setiap hari secara bergantian. 

(Foto: Sri Maryati - Guru SDN Mekartani)

“Kampung Resak"

Kehidupan sore hari di kampung Resak Lama, di wilayah kecamatan Bongan, Kutai Barat. Suasananya yang asri dan warganya yang ramah. Hampir sebagian besar kampung unik itu didiami oleh keturunan suku dayak.

(Foto: Aji Nukhsyahbandi - Guru SDN 10 Bongan)

“Kelompok Musik"

Sekelompok pemusik tradisional bersiap menyambut kedatangan tamu pengantin laki-laki dalam adat pernikahan suku Dayak Lengilu di Desa Tanjung Lapang, Kec. Malinau Barat, Kalimantan Utara.

(Foto: Paksual - Guru SDN 002 Malinau Selatan Hilir)

“Melestarikan Adat"

Seorang siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, berpose di dalam balai adat Desa Setulang. Upaya penyelamatan budaya Dayak Kenyah Oma Lung masih terus dilakukan warga setempat.

(Foto: Erlan - Pelajar SDN 002 Setulang Malinau Selatan Hilir)

“Panen Kacang"

Para petani desa Mekartani sedang memanen tanaman kacang tanah. Hasil ladang itu dipasarkan di sekitar desa atau dijual hingga ke wilayah kecamatan Mendawai

(Foto: Yasmin - Pelajar SDN Mekartani)

“Kolam Terpal"

Di SDN 010 Bongan terdapat kolam buatan yang dilapisi terpal, untuk memelihara ikan nila. Tempat ini sering dijadikan media pembelajaran bagi siswa tentang keseimbangan ekosistem.

(Foto: Kurnia Syahfira D. - Pelajar SDN 10 Bongan)

Pustaka Download


Leaflet Data dan Fakta Perjalanan Sampah Plastik

Plastik atau kemasan plastik sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Namun, plastik bukanlah produk yang sempurna dan aman bagi lingkungan. Ada banyak racun kimiawi yang terkandung dalamnya. Penelitian ilmiah terbaru telah memberi banyak alasan untuk berpikir secara hati-hati tentang bagaimana kita bijak menggunakan plastik. 

  • Ukuran: 2,5 mb
  • Halaman: 4 lipat
  • Format: pdf
Download


Panduan Pertanian Alami

Buku PANDUAN PERTANIAN ALAMI ini membahas cara menyampaikan informasi tentang Pertanian alami kepada semua lapisan masyarakat. Buku ini dicetak ulang untuk yang kedua. Cetakan pertama dalam bentuk buku seri yang terdiri dari tujuh buku. Dalam cetakan kedua ini ketujuh buku seri tersebut, dijadikan satu buku. Buku cetakan kedua ini diterbitkan atas kerjasama dengan WWF Indonesia. Harapannya buku ini bisa digunakan oleh kalangan masyarakat luas dan bisa memberi gambaran yang luas tentang pertanian alami. 

  • Ukuran: 8,2 mb
  • Halaman: 184 hal
  • Format: pdf
Download


BENDER - Misi Penyelamatan Harimau

Bender adalah harimau remaja. Dia tinggal di hutan Sumatra. Dengan adiknya Xan,mereka berdua masih senang bermain bersama ketika ditinggal induknya berburu mencari makan. Suatu hari datang masalah Rox harimau jantan yang tinggal dekat tempat tinggal mereka. Rox tidak suka ada harimau jantan lain yang tinggal didekatnya dan ingin mnegusirnya. Sehingga Bender bersama induk dan adiknya pindah mencari tempat tinggal baru.

  • Ukuran: 9 mb
  • Halaman: 128 hal
  • Format: pdf
Download


Potret Hutan Adat Rasau Sebaju

Buku ini dirajut dari informasi-informasi yang didapatkan dari warga Sebaju. Melalui pertemuan-pertemuan yang dilakukan, baik formal maupun tidak formal. Pertemuan formal seperti dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan beberapa kali sejak 2013 sampai 2015. Pertemuan tidak formal dengan warga Sebaju juga memberi kontribusi informasi isi buku. Baik pertemuan di rumah, toko dan lapangan. Bahkan, khusus untuk mendapatkan kisah-kisah terkait dengan Rasau Sebaju dikumpulkan oleh tim yang dibentuk dari Lembaga Pasak Sebaju. Tim ini bertemu dengan orang-orang tua yang mengetahui kisah-kisah yang terkait beberapa tempat sakral. Akhirnya, diharapkan buku ini bisa memberi gambaran mengenai Rasau Sebaju kepada masyarakat Sebaju dan pihak-pihak lainnya dalam upaya melestarikan Rasau Sebaju.

  • Ukuran: 32,1 mb
  • Halaman: 56 hal
  • Format: pdf
Download

Membingkai Pendidikan untuk Bumi Lestari

Pendampingan sekolah menjadi sekolah yang berkelanjutan dan pembinaan pemuda termasuk pendidik muda sudah dilakukan WWF – Indonesia bersama mitra kerja Suar Institute serta sekolah dampingan SMPN 2 Belimbing, Kab. Melawi Kalimantan Barat yang didampingi serta memperlihatkan perkembangan yang cukup baik untuk menjadi sekolah percontohan bagi sekolah di sekitarnya. Saatnya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman ini kepada khalayak yang lebih luas. Melalui penyusunan buku ini “Membingkai Pendidikan untuk Bumi Lestari” yang berisi pengalaman bermitra dan saling berbagi dalam mengembangkan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di kab. Melawi, Kalimantan Barat. 

  • Ukuran: 7,42 mb
  • Halaman: 68 hal
  • Format: pdf
Download

Koleksi Tumbuhan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir

Buku ini merupakan koleksi tumbuhan yang hidup di hutan sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Pendataan terhadap koleksi tumbuhan di kawasan hutan sekolah akan terus dilakukan secara bertahap di masa mendatang. Karena pada hakekatnya, ekosistem Hutan sekolah SD 002 Malinau Selatan Hilir merupakan “Pustaka Alam“ yang menyimpan ribuan khazanah ilmu pengetahuan dan pelestarian kearifan budaya lokal.  

  • Ukuran: 16,5 mb
  • Halaman: 104 hal
  • Format: pdf
Download

Pustaka Alam Tanah Setulang, Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir Kab. Malinau, Kalimantan Utara

Salah satu sekolah dampingan WWF Indonesia yang berada di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara adalah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Sekolah yang berada di Desa Wisata Setulang tersebut telah melakukan terobosan yang penting. Mereka membuat dan menjaga hutan yang ada di sekitar sekolah. Hutan hujan tropis kecil itu dikelola secara mandiri oleh sekolah dan sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar dan mengajar bagi para pendidik dan peserta didik. Keberadaan rimba tersebut merupakan bagian dari hutan adat masyarakat Dayak Oma Lung, yang akan dikelola oleh pihak SDN 002 Malinau Selatan Hilir. 

  • Ukuran: 9,7 mb
  • Halaman: 48 hal
  • Format: pdf
Download

Membuat Kreasi Seni dari Alam

Merupakan buku kumpulan kreasi siswa dalam membuat tehnik kolase tempel dan hiasan dari berbagai jenis dedaunan, bunga atau dikombinasi denga ranting pohon kering, yang dilakukan pada media kertas. Siswa berkreasi sesuai dengan kreatifitas dan pola pikir masing-masing untuk membuat ilustrasi gambar hewan, tumbuhan, rumah atau benda-benda lain dari bahan-bahan alami. Alat yang dipakai pun sangat sederhana, yaitu kertas gambar putih polos, atau kertas buku tulis kosong, gunting, lem serta alat tulis. 

  • Ukuran: 21 mb
  • Halaman: 40 hal
  • Format: pdf
Download

Profile Project Peserta Borneo Youth Programme 2016 

Buku ini berisi profile project peserta “Borneo Youth Programme 2016 - Pemuda dan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Yayasan WWF-Indonesia serta sejumlah elemen lembaga masyarakat seperti Suar Institute, Yayasan Sekolah Alam Digital, Yayasan LEM 21 BES dan sekolah dampingan WWF Indonesia - ESD Unit diwilayah jantung Kalimantan, mengadakan sebuah acara “Borneo Youth Programme 2016 - Pemuda dan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Ajang pertemuan dan berbagi pengalaman Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan yang diikuti dari oleh beberapa perwakilan daerah dari kawasan HOB (Heart of Borneo) di wilayah Pulau Kalimantan, Indonesia.

  • Ukuran: 17,2 mb
  • Halaman: 78 hal
  • Format: pdf
Download

Panduan Pelatihan Jurnalistik Lingkungan (Tehnik Penulisan dan Fotografi) 

Lewat tulisan ini, kami persembahkan petunjuk praktis tentang tehnik jurnalistik (Tulisan dan fotografi) yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup dan masyarakat lokal dalam upaya pengembangan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di kawasan Pulau Sumatera, Indonesia. Tujuannya agar peserta pelatihan lebih mengetahui kiat-kiat sederhana dalam tehnik menulis (Berita atau artikel) dan mendokumentasikan gambar (Fotografi) yang berkaitan dengan topik lingkungan hidup dalam pengembangan program Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan.  

  • Ukuran: 17,2 mb
  • Halaman: 20 hal
  • Format: pdf
Download

Katalog Foto Karya Peserta Pelatihan Fotografi dan Essay Foto “Cakrawala Borneo” 2017

Yayasan WWF Indonesia – ESD Unit bekerjasama dengan Yayasan Sekolah Alam Digital mengadakan sebuah kegiatan bernama “Cakrawala Borneo“. Kegiatan ini berupa bentuk pelatihan tentang proses pembuatan dokumenter foto yang dikuti oleh sekolah dampingan (siswa dan guru) dan pemuda-pemudi di kawasan HOB (Heart of Borneo), Pulau Kalimantan, Indonesia. Kegiatannya meliputi pelatihan pembuatan dokumentasi foto (Foto bercerita/essay photo), yang meliputi materi pengenalan tentang kamera digital, tekhnik pengambilan gambar secara macro, potraite dan landscape dengan objek benda, hewan, manusia serta tumbuhan juga tekhnik pengambilan gambar untuk bentang alam (Landscape).  

  • Ukuran: 8,7 mb
  • Halaman: 44 hal
  • Format: pdf
Download

Modul Fasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Kelas 3

Modul ini disusun atas dukungan World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia sebagai acuan pendidik, terutama bagi tim fasilitator dan guru-guru Sekolah Dasar kelas 3, khususnya di sekitar Jambi dalam memfasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Modul ini disusun dengan membayangkan kondisi hutan, kebun, sungai, flora-fauna, keadaan sosial ekonomi dan segala potensi serta permasalahan yang dihadapi masyarakat, yang tinggal di sekitar Jambi. Namun demikian, panduan ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi PLH di daerah-daerah lain dengan beberapa modifikasi seperlunya. Fokus utama modul PLH ini adalah pada pengembangan metodologi pembelajaran bagi pendidik dalam mengajarkan PLH kepada usia anak. 

  • Ukuran: 2,66 mb
  • Halaman: 38 hal
  • Format: pdf
Download

Modul Fasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Kelas 4

Modul ini disusun atas dukungan World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia sebagai acuan pendidik, terutama bagi tim fasilitator dan guru-guru Sekolah Dasar kelas 4, khususnya di sekitar Jambi dalam memfasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Modul ini disusun dengan membayangkan kondisi hutan, kebun, sungai, flora-fauna, keadaan sosial ekonomi dan segala potensi serta permasalahan yang dihadapi masyarakat, yang tinggal di sekitar Jambi. Namun demikian, panduan ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi PLH di daerah-daerah lain dengan beberapa modifikasi seperlunya. Fokus utama modul PLH ini adalah pada pengembangan metodologi pembelajaran bagi pendidik dalam mengajarkan PLH kepada usia anak. 

  • Ukuran: 3,33 mb
  • Halaman: 44 hal
  • Format: pdf
Download

Modul Fasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Kelas 5

Modul ini disusun atas dukungan World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia sebagai acuan pendidik, terutama bagi tim fasilitator dan guru-guru Sekolah Dasar kelas 5, khususnya di sekitar Jambi dalam memfasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Modul ini disusun dengan membayangkan kondisi hutan, kebun, sungai, flora-fauna, keadaan sosial ekonomi dan segala potensi serta permasalahan yang dihadapi masyarakat, yang tinggal di sekitar Jambi. Namun demikian, panduan ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi PLH di daerah-daerah lain dengan beberapa modifikasi seperlunya. Fokus utama modul PLH ini adalah pada pengembangan metodologi pembelajaran bagi pendidik dalam mengajarkan PLH kepada usia anak. 

  • Ukuran: 3,48 mb
  • Halaman: 39 hal
  • Format: pdf
Download

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup di Bukit Tiga Puluh, Jambi - Panduan bagi Fasilitator Komunitas

Modul pendidikan lingkungan hidup ini disusun untuk menjadi panduan bagi fasilitator komunitas maupun pendamping masyarakat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian ekosistem hutan Bukit Tiga Puluh. Dengan mempertimbangkan tipologi masyarakat lokal, masyarakat asli, masyarakat pendatang dan masyarakat adat yang tinggal di sekitar hutan Bukit Tiga Puluh maupun yang memiliki interaksi yang cukup tinggi dengan kawasan hutan, modul ini dibuat untuk digunakan sebagai panduan bagi fasilitator komunitas maupun pendamping masyarakat di yang memiliki fokus terkait kelestarian ekosistem.  

  • Ukuran: 8,29 mb
  • Halaman: 100 hal
  • Format: pdf
Download

Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Kisah pendampingan sekolah di jantung Kalimantan 

WWF-Indonesia menuliskan hasil-hasil dari capaian program PPB di kawasan HoB di dalam sebuah laporan “Kisah Pendampingan Sekolah WWF-Indonesia di Jantung Kalimantan”. Selain sebagai bahan monitoring dan evaluasi selama 5 tahun, harapannya laporan ini dapat juga menjadi acuan pembelajaran dan pembaharuan untuk meningkatkan kualitas program PPB di wilayah lain maupun oleh berbagai lembaga yang juga aktif dalam mempromosikan penerapan PPB.

  • Ukuran: 3,7 mb
  • Halaman: 76 hal
  • Format: pdf
Download

Perjalanan Education for Sustainable Development di Indonesia dalam Perspektif LSM.

Desember 2012 Jaringan PPB Indonesia dan WWF Indonesia mengadakan Lokakarya Kebijakan PPB yang dihadiri 150 orang yang merupakan perwakilan dari pemerintah pusat hingga daerah, kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di sekolah, dan sejumlah mitra program. Lokakarya Kebijakan PPB tersebut menjadi titik awal terbentuknya Kelompok Kerja: Sosialisasi Rekomendasi Hasil Lokakarya Kebijakan PPB dan pembuatan laporan “Perjalanan Education for Sustainable Development di Indonesia dalam Perspektif LSM”.

  • Ukuran: 1,72 mb
  • Halaman: 52 hal
  • Format: pdf
Download

Panduan Mengelola Perpustakaan Sekolah & Taman Bacaan Masyarakat

Adanya perpustakaan sekolah bertujuan untuk menunjang proses pendidikan yang ada di sekolah. Sasaran perpustakaan sekolah adalah terwujudnya sumber belajar yang menjadi pusat kegiatan dan peningkatan bakat dan minat lingkungan sekolah serta dapat terwujudnya kebiasaan membaca dan belajar mandiri di kalangan siswa.

  • Ukuran: 3,54 mb
  • Halaman: 28 hal
  • Format: pdf
Download

Cara Hidup Berkelanjutan

Tujuan dari publikasi ini adalah memaparkan pandangan WWF Swedia atas peran pendidikan guna mencapai sebuah masyarakat yang berkelanjutan. Beberapa target kelompok yang ada dalam pikiran kami adalah petugas/staff sekolah dan para pengajar.

  • Ukuran: 15,7 mb
  • Halaman: 48 hal
  • Format: pdf
Download

Buku PLH Kelas 2 SD

Buku ini dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar atau Ibtidaiyah. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar Kelas II Jilid 2 ini telah dirancang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan lingkungan hidup, mulai dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik, memelihara kebersihan diri, tanaman hias dan tanaman obat, air dan pemanfaatannya, pengertian dan fungsi udara, kesuburan tanah, jenis-jenis energi, flora dan fauna di hutan, peristiwa bencana alam.

  • Ukuran: 4,63 mb
  • Halaman: 94 hal
  • Format: pdf
Download

Profile Project Sekolah “Kompetisi Anak dan Remaja untuk Pembangunan Berkelanjutan”                  BUMIKU RUMAHKU  

Dalam rangka percepatan pencapaian inisiatif Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) di Indonesia, Yayasan WWF-Indonesia serta sejumlah elemen lembaga masyarakat seperti Yayasan KEHATI, Pandu Pertiwi, didukung oleh SIDA (Sweden International Development Agency) mengadakan sebuah acara “Bumiku Rumahku – Konferensi Pendidikan untuk Pembangungan Berkelanjutan untuk Anak dan Remaja tingkat Nasional 2013”. Ajang pertemuan dan berbagi pengalaman Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan yang dikuti dari oleh beberapa perwakilan daerah dari seluruh wilayah Indonesia.

  • Ukuran: 8,7 mb
  • Halaman: 41 hal
  • Format: pdf
Download

Teknik Penulisan Jurnalisik dan Fotografi

Lewat tulisan ini, kami persembahkan petunjuk praktis tentang tehnik jurnalistik (Tulisan dan fotografi) yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup dan masyarakat lokal dalam upaya pengembangan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di kawasan HoB (Heart of Borneo), Pulau Kalimantan, Indonesia.

  • Ukuran: 2,6 mb
  • Halaman: 21 hal
  • Format: pdf
Download

Pendekatan Sekolah Secara Menyeluruh dalam PPB (Whole School Approach in ESD)

Pembahasan mengenai Pendekatan Sekolah Secara Menyeluruh dalam PPB yang dibagi dalam 6 kelompok yaitu masyarakat, lingkungan sekolah, budaya dan etos sekolah, monitoring dan evaluasi, pembelajaran dan pengajaran, murid.

  • Ukuran: 2,5 mb
  • Halaman: 17 hal
  • Format: pdf
Download

Otomasi perpustakaan Sekolah

Otomasi perpustakaan, atau lebih tepatnya sistem otomasi perpustakaan (library automation system) adalah seperangkat aplikasi komputer untuk kegiatan di perpustakaan yang terutama bercirikan penggunaan pangkalan data ukuran besar, dengan kandungan cantuman tekstual yang dominan, dan dengan fasilitas utama dalam hal menyimpan, menemukan dan menyajikan informasi.

  • Ukuran: 882 kb
  • Halaman: 32 hal
  • Format: pdf
Download

Manajemen Perpustakaan Sekolah

Sebuah perpustakaan dikatakan memiliki sistem manajemen, bila seluruh kegiatan di perpustakaan dilakukan dengan terencana, terorganisir, terarah dan terdapat kontrol, pengawasan, serta evaluasi. Adanya sistem Manajemen di perpustakaan, maka pembagian tugas, tanggungjawab dan kewenangan masing-masing personil pegawai di perpustakaan menjadi jelas.

  • Ukuran: 1,15 mb
  • Halaman: 48 hal
  • Format: pdf
Download

Manajemen Layanan Perpustakaan Sekolah

Layanan informasi merupakan ujung tombak kegiatan sebuah perpustakaan, termasuk perpustakaan sekolah. Kegiatan ini berhubungan langsung dengan pengguna yang dapat merasakan dan menilai kualitasnya. Di bagian ini pula, fungsi edukasi yang melekat pada perpustakaan harus mendapat titik berat karena sebagian besar pengguna perpustakaan sekolah adalah para peserta didik yang memang perlu didikan dan bimbingan.

  • Ukuran: 1,3 mb
  • Halaman: 44 hal
  • Format: pdf
Download

Manajemen Koleksi Perpustakaan Sekolah

Pemandangan pertama kali yang dilihat oleh setiap murid dan guru yang masuk ke dalam perpustakaan sekolah adalah koleksi yang tersusun di rak-rak. Jumlah yang banyak dan tersusun dengan rapih tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung. Oleh sebab itu perlu senantiasa diupayakan untuk secara terus menerus penambahannya.

  • Ukuran: 1,65 mb
  • Halaman: 52 hal
  • Format: pdf
Download

Literasi Informasi Perpustakaan

Langkah-langkah pendidikan penelitian yang dikembangkan dalam model literasi informasi ini, merupakan suatu jalan untuk memecahkan sebuah permasalahan dengan menggunakan beragam sumber informasi. Keterampilan literasi informasi ini idealnya diaplikasikan tidak saja dalam sektor pendidikan formal, melainkan juga pada setiap aspek kehidupan manusia sehari-hari.

  • Ukuran: 1,1 mb
  • Halaman: 36 hal
  • Format: pdf
Download

Pengembangan Kompetensi Kependidikan, Kepribadian, Sosial, Profesi Tenaga Perpustakaan Sekolah

Kompetensi bagi tenaga perpustakaan sekolah ataupun pustakawan sekolah adalah standar minimal yang berupa kemampuan dan keahlian yang harus dikuasai atau dipenuhi dalam melaksanakan semua kegiatan kepustakawanan di sekolah yang berorientasi pada kepuasan para pengguna (pemustaka) di lingkungan sekolah yang dilayaninya.

  • Ukuran: 1,1 mb
  • Halaman: 48 hal
  • Format: pdf
Download

Poster ESD Whole School Approach

Poster pendekatan sekolah secara menyeluruh. Poster ini berukuran 80x100cm dan dapat di download dalam bentuk pdf.

  • Ukuran: 2,7 mb
  • Format: pdf

Download

Agar Perpustakaan tak Seperti Kuburan

Makalah ini berisi mengenai cara-cara efektif untuk menarik minat pembaca


  • Ukuran: 885 kb
  • Halaman: 7 hal
  • Format: pdf

Download

Panduan Mengelola Perpustakaan Sekolah & Taman Bacaan Masyarakat

Lewat tulisan ini, kami persembahkan petunjuk praktis tentang Panduan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Taman Bacaan Masyarakat yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup dan masyarakat lokal dalam upaya pengembangan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di kawasan Pulau Sumatera, Indonesia. Tujuannya agar peserta pelatihan lebih mengetahui tata cara mengelola Perpustakaan Sekolah dan Taman Bacaan Masyarakat dalam kaitannya pengembangan program Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Disisi lain, dengan adanya perpustakaan diharapkan para pendidik, pelajar,serta masyarakat dapat berperan aktif dalam gerakan membaca buku dan peningkatan informasi. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program pengembangan "Rumah Belajar" yang sedang dilaksanakan di beberapa sekolah di Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh Naggroe Darussalam. 

  • Ukuran: 1,9 mb
  • Halaman: 28 hal
  • Format: pdf
Download