EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Tumbuh di batang Ulin"

Benih-benih pohon tumbuh di sela-sela batang pohon ulin yang telah mati. Kayu Ulin itu masih bisa ditemukan di kawasan kebun milik  SDN 010 Bongan

(Foto: Rif'at Syauqi - Pelajar SDN 10 Bongan)

“Bunga Rumput Liar"

Sejumlah bunga rumput liar mirip bunga Anggrek, di temukan di depan ruang kelas 3 SDN Mekartani. Jenis rumput liar ini berbunga setiap hari secara bergantian. 

(Foto: Sri Maryati - Guru SDN Mekartani)

“Kampung Resak"

Kehidupan sore hari di kampung Resak Lama, di wilayah kecamatan Bongan, Kutai Barat. Suasananya yang asri dan warganya yang ramah. Hampir sebagian besar kampung unik itu didiami oleh keturunan suku dayak.

(Foto: Aji Nukhsyahbandi - Guru SDN 10 Bongan)

“Kelompok Musik"

Sekelompok pemusik tradisional bersiap menyambut kedatangan tamu pengantin laki-laki dalam adat pernikahan suku Dayak Lengilu di Desa Tanjung Lapang, Kec. Malinau Barat, Kalimantan Utara.

(Foto: Paksual - Guru SDN 002 Malinau Selatan Hilir)

“Melestarikan Adat"

Seorang siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, berpose di dalam balai adat Desa Setulang. Upaya penyelamatan budaya Dayak Kenyah Oma Lung masih terus dilakukan warga setempat.

(Foto: Erlan - Pelajar SDN 002 Setulang Malinau Selatan Hilir)

“Panen Kacang"

Para petani desa Mekartani sedang memanen tanaman kacang tanah. Hasil ladang itu dipasarkan di sekitar desa atau dijual hingga ke wilayah kecamatan Mendawai

(Foto: Yasmin - Pelajar SDN Mekartani)

“Kolam Terpal"

Di SDN 010 Bongan terdapat kolam buatan yang dilapisi terpal, untuk memelihara ikan nila. Tempat ini sering dijadikan media pembelajaran bagi siswa tentang keseimbangan ekosistem.

(Foto: Kurnia Syahfira D. - Pelajar SDN 10 Bongan)

Ragam peluang usaha berbasis cinta lingkungan

Peluang usaha hijau dengan konsep cinta lingkungan bisa menjadi ide bisnis yang bagus sekaligus memberi sumbangsih untuk lingkungan hidup.

Konsep hijau dan cinta lingkungan dalam berbagai aspek kehidupan bukan lagi menjadi tren, melainkan sesuatu yang sudah dipahami banyak orang sebagai kewajiban dalam berbagai aspek kehidupan. Peluang usaha dalam berbagai bidang yang sifatnya menjaga lingkungan pun menjadi sesuatu yang tidak mudah basi, terutama jika Anda bisa membidik pangsa pasar yang tepat sesuai dengan jenis usaha Anda. Dengan maraknya tren ini, Anda bisa membuat suatu bisnis yang memiliki pangsa pasar luas atau loyal dan tidak mudah basi.

Apa saja peluang usaha yang bisa Anda lakukan? Banyak sekali ragamnya; mulai dari yang berkaitan dengan transportasi, produk-produk rumah tangga, bahkan konsultasi. Ragam bisnis dan produk yang dibisniskan pun bisa terdiri dari berbagai kelompok usaha dan ruang lingkup, sehingga ada beragam pilihan untuk mereka yang memiliki latar belakang keahlian dan pendidikan berbeda.

Berikut ini adalah beberapa contoh ide peluang usaha berbasis cinta lingkungan dan prinsip hijau.  

Peluang Usaha Penjualan Kebun Mini

“Tanamlah sayuranmu sendiri!” Slogan itu mungkin sering Anda dengar sebagai salah satu saran untuk menerapkan gaya hidup hijau dan ramah lingkungan di rumah sendiri. Akan tetapi, hal ini tentunya hanya berlaku bagi mereka yang memiliki halaman luas untuk ditanami sayuran, sementara mereka yang tinggal di rumah susun atau perumahan yang jaraknya rapat dengan halaman super sempit tentu susah melakukannya. 

Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha dengan membuka jasa penjualan paket kebun mini, dimana Anda bukan hanya menjual tanaman dalam pot, melainkan juga memberi saran bagi pembeli tentang bagaimana menata berbagai jenis tanaman menjadi kebun mini bahkan di tempat-tempat paling sempit seperti balkon atau teras rumah. Anda bisa menawarkan jenis-jenis tanaman seperti tanaman rempah, tanaman obat yang ukurannya tak terlalu besar atau sayuran seperti tomat dan cabe. Tanaman yang Anda jual bisa berupa paket mini lengkap dengan petunjuk penanamannya. 

Konsultasi Green Lifestyle

Sama seperti mereka yang membuka jasa konsultasi manajemen waktu atau konsultasi keuangan, konsultasi green lifestyle membujuk indvidu atau institusi yang ingin membuat aktifitas sehari-hari mereka jauh lebih ramah lingkungan, misalnya terkait dengan tips menghemat bahan bakar, tips pemasangan alat-alat elektronik, konsultasi soal pemilihan metode operasional perusahaan agar lebih ramah lingkungan, bahkan perencanaan sebuah event agar jejak karbon yang ditinggalkan tidak banyak. 

Toko Produk Ramah Lingkungan 

Banyak orang ingin berkontribusi pada lingkungan dengan menggunakan produk ramah lingkungan, namun merasa kesulitan menemukan produk-produk yang dibuat dengan konsep ramah lingkungan. Kalaupun ada, produk tersebut biasanya dijual secara acak di berbagai toko dan tidak selalu tersedia. Anda bisa membuka toko semacam itu yang hanya menjual barang daur ulang, dan mempromosikannya sebagai toko produk ramah lingkungan atau semacamnya. 

Anda bisa menjual barang-barang seperti tas belanja daur ulang berkualitas, sandal kamar dari kain daur ulang, lampu atau aksesori dari barang bekas dan sebagainya. Dengan adanya toko seperti ini, mereka yang berkomitmen ingin menjaga lingkungan bisa ikut berperan dengan hanya membeli barang daur ulang.

Usaha Kontraktor Ramah Lingkungan 

Anda yang ingin membuka usaha kontraktor bisa menangkap peluang usaha sebagai kontraktor ‘hijau,’ yaitu kontraktor yang usahanya berfokus pada perencanaan, desain dan pembangunan rumah atau gedung yang mengikuti prinsip hijau, efisiensi energi serta ramah lingkungan. Bagaimana, adakah di antara berbagai peluang usaha hijau ini yang menarik minat Anda?