EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Buku dan Modul

Belajar Cara Hidup Berkelanjutan

(Terjemahan dari buku "Learning Sustainable Ways"). Bahan materi ini menggambarkan kondisi dunia saat ini dan mendeskripsikan misi yang ditugaskan ke sekolah-sekolah, memberi kesempatan yang dimiliki untuk berperan serta dalam masyarakat berkelanjutan. Setiap tahapan, disiapkan sebuah pertanyaan sebagai bahan renungan, baik secara individu, bersama-sama dengan tim ataupun dengan murid di dalam kelas. 

  • Ukuran: 2.77, Halaman: 39 hal

Download

Learning Sustainable Ways

This material sets forth the state of the world as it is today, and describes the mission tasked to schools and the opportunities these have to contribute to a sustainable society. After each section a question is provided for you to reflect upon either by yourself, together with your team, or with students in the classroom. 

  • Ukuran: 1.86, Halaman: 27 hal

Download

Koleksi Serangga Hutan Sekolah  SDN 002 Malinau Selatan Hilir dan Sekitarnya

Buku ini berisi pengenalan dan identifikasi jenis-jenis serangga di Hutan dan lingkungan sekitar sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Kalimantan Utara. Selain berfungsi untuk mendekatkan siswa kepada alam sekitarnya, juga berfungsi sebagai sarana belajar dan mengajar bagi para pendidik dan siswa didik serta berperan sebagai upaya untuk pelestarian alam.

  • 10.9 mb64 halaman
Download


Tumbuhan Hutan Sekolah Berkhasiat Obat SDN 002 Malinau Selatan Hilir

Hutan dan pekarangan sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Kalimantan Utara menyimpan berbagai jenis spesies tumbuh-tumbuhan yang sering digunakan oleh masyarakat secara tradisional sebagai sumber obat-obatan. Buku ini berisi pengenalan dan identifikasi sederhana jenis-jenis tumbuhan obat yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Suku Dayak Kenyah Oma Lung. 

  • 31 mb, 100 halaman
Download

Koleksi Tanaman Kebun Sekolah SDN Tahai Baru 2

Hingga kini tidak kurang dari 94 aneka jenis tanaman baik yang telah menjadi tanaman budidaya maupun yang masih liar. Telah dipelihara sebagai tanaman koleksi di Kebun Sekolah SDN Tahai Baru 2. Pada edisi ini dilengkapi aneka jenis tanaman buah, obat, kayu, hias, koleksi Kebun Sekolah untuk diperkenalkan kepada siswa. Sebagai pelengkap disajikan pula uraian ringkas tentang keanekaragaman morfologi tanaman tersebut. 

  • 20.17 mb108 halaman
Download

Kumpulan Foto Karya Peserta “Cakrawala Borneo" 2019

Buku ini merupakan kumpulan foto-foto karya peserta pelatihan dokumenter foto yang dikuti oleh sekolah dampingan (siswa dan guru) di SDN Tahai Baru 2, Kalimantan Tengah. Semoga kegiatan “Cakrawala Borneo“ ini mampu menambah wawasan para peserta tentang pentingnya mendokumentasikan kegiatan sehari-hari di masyarakat yang diharapkan mampu melestarikan khazanah seni budaya dan fenomena alam yang terjadi di sekitar kita.

  • 7.8 mb22 halaman
Download

Koleksi Tumbuhan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir


Buku ini merupakan koleksi tumbuhan yang hidup di hutan sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Pendataan terhadap koleksi tumbuhan di kawasan hutan sekolah akan terus dilakukan secara bertahap di masa mendatang. Karena pada hakekatnya, ekosistem Hutan sekolah SD 002 Malinau Selatan Hilir merupakan “Pustaka Alam“ yang menyimpan ribuan khazanah ilmu pengetahuan dan pelestarian kearifan budaya lokal.  

  • 16.5 mb104 halaman
Download

Pustaka Alam Tanah Setulang, Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir


Salah satu sekolah dampingan WWF Indonesia yang berada di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara adalah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Sekolah yang berada di Desa Wisata Setulang tersebut telah melakukan terobosan yang penting. Mereka membuat dan menjaga hutan yang ada di sekitar sekolah. Hutan hujan tropis kecil itu dikelola secara mandiri oleh sekolah dan sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar dan mengajar bagi para pendidik dan peserta didik. 

  • 9.7 mb48 halaman
Download

Membuat Kreasi Seni dari Alam


Merupakan buku kumpulan kreasi siswa dalam membuat tehnik kolase tempel dan hiasan dari berbagai jenis dedaunan, bunga atau dikombinasi dengan ranting pohon kering, yang dilakukan pada media kertas. Siswa berkreasi sesuai dengan kreatifitas dan pola pikir masing-masing untuk membuat ilustrasi gambar hewan, tumbuhan, rumah atau benda-benda lain dari bahan-bahan alami. Alat yang dipakai pun sangat sederhana, yaitu kertas gambar putih polos, atau kertas buku tulis kosong, gunting, lem serta alat tulis. 

  • 21 mb40 halaman
Download

Katalog Foto Karya Peserta Pelatihan Fotografi dan Essay Foto “Cakrawala Borneo” 2017


Yayasan WWF Indonesia – ESD Unit bekerjasama dengan Yayasan Sekolah Alam Digital mengadakan sebuah kegiatan bernama “Cakrawala Borneo“. Kegiatan ini berupa bentuk pelatihan tentang proses pembuatan dokumenter foto yang dikuti oleh sekolah dampingan (siswa dan guru) dan pemuda-pemudi di kawasan HOB (Heart of Borneo), Khususnya dari Desa Setulang Kalimantan Utara, Mekartani Kalimantan Tengah dan Jambuk Makmur Kalimantan Timur. Kegiatannya meliputi pelatihan pembuatan dokumentasi foto (Foto bercerita/essay photo), yang meliputi materi pengenalan tentang kamera digital, tekhnik pengambilan gambar secara macro, potrait dan landscape dengan objek benda, hewan, manusia serta tumbuhan juga tekhnik pengambilan gambar untuk bentang alam (Landscape).  

  • 8.7 mb, 44 halaman
Download

Pendekatan Sekolah Secara Menyeluruh dalam PPB (Whole School Approach in ESD)


Pembahasan mengenai Pendekatan Sekolah Secara Menyeluruh dalam PPB yang dibagi dalam 6 kelompok yaitu masyarakat, lingkungan sekolah, budaya dan etos sekolah, monitoring dan evaluasi, pembelajaran dan pengajaran, murid.

  • 2.5 mb17 halaman
Download

BENDER - Misi Penyelamatan Harimau

Bender adalah harimau remaja. Dia tinggal di hutan Sumatra. Dengan adiknya Xan,mereka berdua masih senang bermain bersama ketika ditinggal induknya berburu mencari makan. Suatu hari datang masalah Rox harimau jantan yang tinggal dekat tempat tinggal mereka. Rox tidak suka ada harimau jantan lain yang tinggal didekatnya dan ingin mnegusirnya. Sehingga Bender bersama induk dan adiknya pindah mencari tempat tinggal baru.

  • 9 mb128 halaman
Download


Potret Hutan Adat Rasau Sebaju

Buku ini dirajut dari informasi-informasi yang didapatkan dari warga Sebaju. Melalui pertemuan-pertemuan yang dilakukan, baik formal maupun tidak formal. Untuk mendapatkan kisah-kisah terkait dengan Rasau Sebaju dikumpulkan oleh tim yang dibentuk dari Lembaga Pasak Sebaju. Tim ini bertemu dengan orang-orang tua yang mengetahui kisah-kisah yang terkait beberapa tempat sakral. Akhirnya, diharapkan buku ini bisa memberi gambaran mengenai Rasau Sebaju kepada masyarakat Sebaju dan pihak-pihak lainnya dalam upaya melestarikan Rasau Sebaju.

  • 32.1 mb56 halaman
Download

Membingkai Pendidikan untuk Bumi Lestari

Pendampingan sekolah menjadi sekolah yang berkelanjutan dan pembinaan pemuda termasuk pendidik muda sudah dilakukan WWF – Indonesia bersama mitra kerja Suar Institute serta sekolah dampingan SMPN 2 Belimbing, Kab. Melawi Kalimantan Barat yang didampingi serta memperlihatkan perkembangan yang cukup baik untuk menjadi sekolah percontohan bagi sekolah di sekitarnya. Saatnya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman ini kepada khalayak yang lebih luas. Melalui penyusunan buku ini “Membingkai Pendidikan untuk Bumi Lestari” yang berisi pengalaman bermitra dan saling berbagi dalam mengembangkan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di kab. Melawi, Kalimantan Barat. 

  • 5 mb68 halaman
Download

Panduan Pertanian Alami

Buku PANDUAN PERTANIAN ALAMI ini membahas cara menyampaikan informasi tentang Pertanian alami kepada semua lapisan masyarakat. Buku ini dicetak ulang untuk yang kedua. Cetakan pertama dalam bentuk buku seri yang terdiri dari tujuh buku. Dalam cetakan kedua ini ketujuh buku seri tersebut, dijadikan satu buku. Buku cetakan kedua ini diterbitkan atas kerjasama dengan WWF Indonesia. Harapannya buku ini bisa digunakan oleh kalangan masyarakat luas dan bisa memberi gambaran yang luas tentang pertanian alami. 

  • 8.2 mb184 halaman
Download

Panduan Pelatihan Jurnalistik Lingkungan (Tehnik Penulisan dan Fotografi) 

Lewat tulisan ini, kami persembahkan petunjuk praktis tentang tehnik jurnalistik (Tulisan dan fotografi) yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup dan masyarakat lokal dalam upaya pengembangan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di kawasan Pulau Sumatera, Indonesia. Tujuannya agar peserta pelatihan lebih mengetahui kiat-kiat sederhana dalam tehnik menulis (Berita atau artikel) dan mendokumentasikan gambar (Fotografi) yang berkaitan dengan topik lingkungan hidup dalam pengembangan program Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan.  

  • 17.2 mb, 20 halaman
Download

Profile Project Peserta Borneo Youth Programme 2016 

Buku ini berisi profile project peserta “Borneo Youth Programme 2016 - Pemuda dan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Yayasan WWF-Indonesia serta sejumlah elemen lembaga masyarakat seperti Suar Institute, Yayasan Sekolah Alam Digital, Yayasan LEM 21 BES dan sekolah dampingan WWF Indonesia - ESD Unit diwilayah jantung Kalimantan, mengadakan sebuah acara “Borneo Youth Programme 2016 - Pemuda dan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Ajang pertemuan dan berbagi pengalaman Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan yang diikuti dari oleh beberapa perwakilan daerah dari kawasan HOB (Heart of Borneo) di wilayah Pulau Kalimantan, Indonesia. 

  • 17.2 mb78 halaman
Download

Profile Project Sekolah “Kompetisi Anak dan Remaja untuk Pembangunan Berkelanjutan” BUMIKU RUMAHKU

Dalam rangka percepatan pencapaian inisiatif Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, Yayasan WWF-Indonesia serta sejumlah elemen lembaga masyarakat seperti Yayasan KEHATI, Pandu Pertiwi, didukung oleh SIDA (Sweden International Development Agency) mengadakan sebuah acara “Bumiku Rumahku – Konferensi Pendidikan untuk Pembangungan Berkelanjutan untuk Anak dan Remaja tingkat Nasional 2013”. Ajang pertemuan dan berbagi pengalaman Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan yang dikuti dari oleh beberapa perwakilan daerah dari seluruh wilayah Indonesia.

  • 8.7 mb, 41 halaman
Download

Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Kisah pendampingan sekolah di jantung Kalimantan 

WWF-Indonesia menuliskan hasil-hasil dari capaian program PPB di kawasan HoB di dalam sebuah laporan “Kisah Pendampingan Sekolah WWF-Indonesia di Jantung Kalimantan”. Selain sebagai bahan monitoring dan evaluasi selama 5 tahun, harapannya laporan ini dapat juga menjadi acuan pembelajaran dan pembaharuan untuk meningkatkan kualitas program PPB di wilayah lain maupun oleh berbagai lembaga yang juga aktif dalam mempromosikan penerapan PPB.

  • 16.6 mb,76 halaman
Download

Monitoring and Evaluation Education for Sustainable Development. A Story from School Development Program in The Heart of Borneo  

WWF Indonesia is proud to announce the results of the ESD program in the Heart of Borneo in a report “The Story of WWF Indonesia Assisted Schools in the Heart of Borneo" as a monitoring and evaluation material over 5 years ago. It is expected that this report will be the basis and the renewal to improve the implementation of ESD program, not only in the Heart of Borneo but also as an example for implementing ESD programs in other WWF Indonesia‟s working areas.

  • 16.5 mb, 76 halaman
Download

Perjalanan Education for Sustainable Development di Indonesia dalam Perspektif LSM

Laporan ini didapat berdasarkan pengumpulan praktek-praktek pelaksanaan PPB (best practice) dari 22 NGO di daerah/provinsi di Indonesia. Harus diakui, pengumpulan data dalam waktu dan sumber daya manusia terbatas ini tidak bisa mewakili Indonesia secara utuh. Meskipun begitu, diharapkan data yang terkumpul ini bisa memberikan gambaran besar tentang pelaksanaan PPB di Indonesia. Penyusunan laporan ini memberikan sumbangan kerangka keberlanjutan dari sudut pandang dan perspektif pelaku di tingkat akar rumput di beberapa wilayah di Indonesia.

  • 1.72 mb52 halaman
Download

The Journey of Education for Sustainable Development in Indonesia from NGO Perspective

This report was obtained based on the collection of ESD best practices from 22 NGOs in 11 regions / provinces in Indonesia. Data collection with such limited time and resources will not cope and represent the entire country; however, it is expected to overview the implementation of ESD in Indonesia. The preparation of this report provides contribution to the sustainability of the framework from the viewpoint and perspective of the players at the grassroots level in several regions in Indonesia.

  • 5.12 mb62 halaman
Download

PROSIDING Lokakarya Nasional Kebijakan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Buku ini disusun sebagai hasil dari Workshop tentang “Kemajuan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Menjelang Akhir Dasa Warsa 2005-2014, serta Percepatan Penerapannya di Indonesia” yang berlangsung di Jakarta, pada tanggal 04 - 06 Desember 2012. Workshop tersebut dihadiri oleh pendidik dari 26 sekolah, 20 Kabupaten, dari 12 provinsi serta dinas pendidikan, LSM, BLH dari propinsi yang sama.

  • 1.7 mb68 halaman
Download

Teknik Penulisan Jurnalistik dan Fotografi

Lewat tulisan ini, kami persembahkan petunjuk praktis tentang tehnik jurnalistik (Tulisan dan fotografi) yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup dan masyarakat lokal dalam upaya pengembangan Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di kawasan HoB (Heart of Borneo), Pulau Kalimantan, Indonesia.

  • 2.6 mb21 halaman
Download

Cara Hidup Berkelanjutan

Tujuan dari publikasi ini adalah memaparkan pandangan WWF Swedia atas peran pendidikan guna mencapai sebuah masyarakat yang berkelanjutan. Beberapa target kelompok yang ada dalam pikiran kami adalah petugas/staff sekolah dan para pengajar.

  • 15.7 mb48 halaman
Download

Panduan Produk Berbahan Dasar Kayu

Guideline for Domestic Market on How to Purchase Responsible Product merupakan buku panduan yang diharapkan mampu untuk memberikan panduan pada konsumen untuk dapat mengetahui asal usul produk kayu dengan cara yang mudah misalnya dengan melihat penandaan/logo sertifikasi pada produk. Dengan buku panduan diharapkan konsumen dapat mengetahui, memahami, dan mengalihkan pilihannya pada produk yang berasal dari sumber dan dikelola secara legal, bertanggung jawab dan lestari. Sehingga pada akhirnya konsumen dapat turut berkontribusi pada kelestarian alam Indonesia.

  • 6.7 mb, 18 halaman
Download

Studi Indikator Ekologis: Skema Transfer Fiskald

Kajian Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dimungkinkan dapat menjadi bagian dari instrumen penilaian manfaat suatu kawasan. Provinsi Kalimantan Timur dengan berbagai biodiversitas, jasa lingkungan, dan sosial budaya yang penting dapat dianalisis dengan menggunakan kajian NKT ini. Dari hasil analisis tersebut diharapkan dapan menghasilkan berbagai manfaat baik itu lingkungan, sosial budaya, maupun manfaat secara ekonomi yang dapat disalurkan dari berbagai kegiatan maupun funding lainnya. Pada kajian ini, aspek ekologis (biodiversitas dan jasa lingkungan) menjadi hal pokok yang dikaji dan menjadi acuan utama dalam pendekatan lanjutan.

  • 1.47 mb, 44 halaman
Download

Pelestarian Satwa untuk Keseimbangan Ekosistem

Keterlibatan seluruh pihak, sangat diperlukan guna melestarikan, dan menjaga keseimbangan ekosistem. Agama merupakan satu pendekatan yang efektif untuk dipilih sebagai metode sosialisasi dan edukasi, yang dapat digunakan untuk mempengaruhi masyarakat agar mau menjaga kelestarian satwa dan mencegah terjadinya kepunahan spesies. Dengan adanya Fatwa Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelestarian Satwa Langka untuk Keseimbangan Ekosistem, peran tokoh agama menjadi penting untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian satwa dan mencegah terjadinya kepunahan spesies, serta menjaga keseimbangan ekosistem. Jika semua pihak dapat menjalankan perannya dengan baik, maka harapan untuk dapat menjaga kelestarian satwa dan keseimbangan ekosistem dapat terwujud.

  • 9.4 mb, 156 halaman
Download

BEEP - Seri Interaksi Sosial dan Kepatuhan terhadap Hukum dan Peraturan

Buku panduan ini disusun oleh tim WWF-Indonesia program pariwisata bahari yang bertanggung jawab (Responsible Marine Tourism Program) dengan dukungan sejumlah praktisi dan akademisi. Mengingat banyaknya informasi mengenai praktik-praktik berinteraksi dengan masyarakat sosial dan adat, serta tentang kepatuhan terhadap hukum, maka panduan ini pun bersifat dinamis untuk perubahan berikutnya, dan bisa dikembangkan seiring pengetahuan dan pengalaman dari pihak-pihak yang relevan.

  • 13.4 mb, 18 halaman
Download

Impact Stories

Selama lima tahun terakhir, WWF menghimpun beberapa kisah penting yang mencakup perlindungan satwa liar, praktik-praktik dengan asas berkelanjutan, masyarakat adat, dan konsumsi yang bertanggung jawab. Kisah-kisah sukses ini termasuk juga di dalamnya tentang perlindungan Harimau dan Badak Jawa, upaya kami memerangi konsumsi sirip hiu, penerapan sertifikasi produk kehutanan, pembentukan koridor yang menghubungkan zona penyangga Taman Nasional Betung Kerihun, mengkatalisasi keputusan Unit Pengelolaan Hutan Konservasi Rimbang Baling, penetapan Kawasan Konservasi Laut baru di Bentang Laut Sunda Banda (Sunda Banda Seascape) dan pemetaan ruang vital untuk Bentang Laut Papua dan Sunda Banda. WWF juga meluncurkan kampanye konsumsi inovatif bernama “Beli Yang Baik” dan berkontribusi pada perluasan gerakan Earth Hour.

  • 12.13 mb, 48 halaman
Download

BEEP - Seri Jejak Ekologis

Buku panduan ini disusun oleh tim WWF-Indonesia program pariwisata bahari yang bertanggung jawab (Responsible Marine Tourism Program) dengan dukungan sejumlah praktisi dan akademisi. Seri ini memuat tentang berbagai jejak ekologis yang ditinggalkan dari setiap aktivitas kepariwisataan, mulai dari sampah dan limbah, energi dan air yang digunakan, hingga konsumsi yang (terkadang) berlebihan. Terdaat pula penjelasan singkat mengenai isu-isu yang berkembang terkait topik: pemanfaatan energi, pengelolaan sampah, pemanfaatan air, dan pola konsumsi di dalam Best Environmental Equitable Practices (BEEP). Uraian tersebut selanjutnya diikuti dengan contoh praktik-praktik terbaik yang harus dilakukan untuk meminimalisasi dampak aktivitas kepariwisataan terhadap lingkungan, sosial budaya, dan aspek ekonomi.

  • 4.36 mb, 32 halaman
Download

Laporan Evaluasi dari Implementasi RENSTRANAS HoB 2015-2019

Renstranas HoB ini merupakan sebuah dokumen rencana yang disusun tahun 2014 yakni setahun sebelum mulainya periode Renstranas. Dalam kajian ini akan diuji sejauh mana rencana yang tertuang dalam Renstranas tersebut terlaksana. Dalam Renstranas HoB 2015 - 2019 terdapat 6 (enam) program. Dasar dari evaluasi ini adalah data hasil konsultasi dengan berbagai pihak yang menjadi stakeholder HoB, laporan-laporan dan dokumen-dokumen yang tersedia termasuk dokumen hasil Trilateral Meeting yang diselenggarakan tahun 2015, 2016, 2017, dan 2018. Daftar nama stakeholder untuk berkonsultasi disajikan dalam Lampiran 2 Laporan ini..

  • 6.15 mb, 68 halaman
Download

MULOK PLH SD Kelas 1-6, Kab.Katingan Kalimantan Tengah          

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 hingga 6.

  • 12.78 mb, 155 halaman
Download

Pedoman Guru, MULOK PLH SD Kelas 1-6, Kab.Katingan Kalimantan Tengah         

Buku ini merupakan panduan guru untuk modul Pendidikan Lingkungan Hidup yang merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 hingga 6.

  • 3.63 mb, 59 halaman
Download

Panduan Guru, MULOK PLH SD Kelas 4-6, Kab. Lembata - NTT         

Buku ini merupakan panduan guru untuk modul Pendidikan Lingkungan Hidup yang merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata,  Provinsi NTT untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 4 hingga 6.

  • 4.7 mb, 5 halaman
Download

MULOK PLH SD Kelas 1-3, Kab. Lembata - NTT         

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata - NTT untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 hingga 3.

  • 9.67 mb, 62 halaman
Download

MULOK PLH SD Kelas 4-6, Kab. Lembata - NTT         

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata - NTT untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 4 hingga 6.

  • 5 mb, 36 halaman
Download

MULOK PLH SMP, Kab. Lembata - NTT         

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata - NTT untuk Tingkat SMP.

  • 5.4 mb, 41 halaman
Download

MULOK PLH SMA, Kab. Lembata - NTT         

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata - NTT untuk Tingkat SMA.

  • 6.4 mb, 47 halaman
Download

MULOK PLH SD Kelas 4, Kab. Lembata - NTT         

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata - NTT untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 4.

  • 8.4 mb, 68 halaman
Download

MULOK PLH SD Kelas 5, Kab. Lembata - NTT         

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata - NTT untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 5.

  • 10.5 mb, 71 halaman
Download

MULOK PLH SD Kelas 6, Kab. Lembata - NTT

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup ini merupakan Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Lembata - NTT untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 6.

  • 4.4 mb, 42 halaman
Download



Otomasi perpustakaan Sekolah

Otomasi perpustakaan, atau lebih tepatnya sistem otomasi perpustakaan (library automation system) adalah seperangkat aplikasi komputer untuk kegiatan di perpustakaan yang terutama bercirikan penggunaan pangkalan data ukuran besar, dengan kandungan cantuman tekstual yang dominan, dan dengan fasilitas utama dalam hal menyimpan, menemukan dan menyajikan informasi.

  • 882 kb, 32 halaman
Download

Manajemen Perpustakaan Sekolah

Sebuah perpustakaan dikatakan memiliki sistem manajemen, bila seluruh kegiatan di perpustakaan dilakukan dengan terencana, terorganisir, terarah dan terdapat kontrol, pengawasan, serta evaluasi. Adanya sistem Manajemen di perpustakaan, maka pembagian tugas, tanggungjawab dan kewenangan masing-masing personil pegawai di perpustakaan menjadi jelas.

  • 1.15 mb48 halaman
Download

Manajemen Layanan Perpustakaan Sekolah

Layanan informasi merupakan ujung tombak kegiatan sebuah perpustakaan, termasuk perpustakaan sekolah. Kegiatan ini berhubungan langsung dengan pengguna yang dapat merasakan dan menilai kualitasnya. Di bagian ini pula, fungsi edukasi yang melekat pada perpustakaan harus mendapat titik berat karena sebagian besar pengguna perpustakaan sekolah adalah para peserta didik yang memang perlu didikan dan bimbingan.

  • 1.3 mb, 44 halaman
Download

Manajemen Koleksi Perpustakaan Sekolah

Pemandangan pertama kali yang dilihat oleh setiap murid dan guru yang masuk ke dalam perpustakaan sekolah adalah koleksi yang tersusun di rak-rak. Jumlah yang banyak dan tersusun dengan rapih tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung. Oleh sebab itu perlu senantiasa diupayakan untuk secara terus menerus penambahannya.

  • 1.65 mb52 halaman
Download

Literasi Informasi Perpustakaan

Langkah-langkah pendidikan penelitian yang dikembangkan dalam model literasi informasi ini, merupakan suatu jalan untuk memecahkan sebuah permasalahan dengan menggunakan beragam sumber informasi. Keterampilan literasi informasi ini idealnya diaplikasikan tidak saja dalam sektor pendidikan formal, melainkan juga pada setiap aspek kehidupan manusia sehari-hari.

  • 1.1 mb36 halaman
Download

Pengembangan Kompetensi Kependidikan, Kepribadian, Sosial, Profesi Tenaga Perpustakaan Sekolah

Kompetensi bagi tenaga perpustakaan sekolah ataupun pustakawan sekolah adalah standar minimal yang berupa kemampuan dan keahlian yang harus dikuasai atau dipenuhi dalam melaksanakan semua kegiatan kepustakawanan di sekolah yang berorientasi pada kepuasan para pengguna (pemustaka) di lingkungan sekolah yang dilayaninya.

  • 1.1 mb48 halaman
Download

Buku PLH Kelas 1 SD

Buku ini dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar atau Ibtidaiyah. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar Kelas I Jilid 1 ini telah dirancang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan lingkungan hidup, mulai dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik, memelihara kebersihan diri, tanaman hias dan tanaman obat, air dan pemanfaatannya, pengertian dan fungsi udara, kesuburan tanah, jenis-jenis energi, flora dan fauna di hutan, peristiwa bencana alam.

  • 4.52 mb, 107 halaman
Download

Buku PLH Kelas 2 SD

Buku ini dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar atau Ibtidaiyah. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar Kelas II Jilid 2 ini telah dirancang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan lingkungan hidup, mulai dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik, memelihara kebersihan diri, tanaman hias dan tanaman obat, air dan pemanfaatannya, pengertian dan fungsi udara, kesuburan tanah, jenis-jenis energi, flora dan fauna di hutan, peristiwa bencana alam.

  • 3.36 mb, 94 halaman
Download

Buku PLH Kelas 3 SD

Buku ini dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar atau Ibtidaiyah. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar Kelas III Jilid 3 ini telah dirancang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan lingkungan hidup, mulai dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik, memelihara kebersihan diri, tanaman hias dan tanaman obat, air dan pemanfaatannya, pengertian dan fungsi udara, kesuburan tanah, jenis-jenis energi, flora dan fauna di hutan, peristiwa bencana alam.

  • 2.3 mb, 91 halaman
Download

Buku PLH Kelas 4 SD

Buku ini dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar atau Ibtidaiyah. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar Kelas IV Jilid 4 ini telah dirancang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan lingkungan hidup, mulai dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik, memelihara kebersihan diri, tanaman hias dan tanaman obat, air dan pemanfaatannya, pengertian dan fungsi udara, kesuburan tanah, jenis-jenis energi, flora dan fauna di hutan, peristiwa bencana alam.

  • 3.8 mb, 108 halaman
Download

Buku PLH Kelas 5 SD

Buku ini dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar atau Ibtidaiyah. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar Kelas V Jilid 5 ini telah dirancang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan lingkungan hidup, mulai dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik, memelihara kebersihan diri, tanaman hias dan tanaman obat, air dan pemanfaatannya, pengertian dan fungsi udara, kesuburan tanah, jenis-jenis energi, flora dan fauna di hutan, peristiwa bencana alam.

  • 4.24 mb, 112 halaman
Download

Buku PLH Kelas 6 SD

Buku ini dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di Sekolah Dasar atau Ibtidaiyah. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Sekolah Dasar Kelas VI Jilid 6 ini telah dirancang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan lingkungan hidup, mulai dari lingkungan sosial dan lingkungan fisik, memelihara kebersihan diri, tanaman hias dan tanaman obat, air dan pemanfaatannya, pengertian dan fungsi udara, kesuburan tanah, jenis-jenis energi, flora dan fauna di hutan, peristiwa bencana alam.

  • 5.38 mb, 95 halaman
Download