EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Belalang Ranting Berduri"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Cakrawala Borneo 2019"

Siswa SDN Tahai Baru 2 sedang asyik membidik apa saja yang berada di kebun sekolahnya dalam Pelatihan pembuatan dokumentasi foto dengan materi pengenalan fotografi sederhana dan menarik dalam bentuk pembuatan foto bercerita.

“Sisa Kebakaran Kebun"

Kebun milik warga Desa Tahai tidak luput dari terjangan kebakaran lahan pada bulan Oktober 2019 lalu. Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah terjadi hampir sepanjang tahun akibat faktor manusia dan faktor alam.

(Foto: Satria Bintang P. - Pelajar SDN Tahai Baru 2)

“Memetik Salak di Kebun Sekolah"

Siswa SDN Tahai Baru 2 sedang memetik buah salak yang tumbuh di belakang sekolah. Ada puluhan batang tanaman salak tumbuh subur di sekitar sekolah yang buahnya terasa manis.

(Foto: Anton Febriyanto - Pelajar SDN Tahai Baru 2)

“Pengenalan Tumbuhan Obat"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Malinau, Kalimantan Utara, memperhatikan gurunya bagaimana mengenali tumbuhan obat di hutan sekolah yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Suku Dayak Kenyah Oma Lung.

Siapkan Regenerasi Wakil di OSN

SENDAWAR – Dunia pendidikan di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) patut berbangga. Itu karena Muhammad Faiq Fauzi, kembali meraih juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Bandung, Jawa Barat. Putera Kampung Jambuk Kecamatan Bongan ini, meraih medali perunggu bidang matematikan pada OSN tingkat SD/MI tahun 2013. Prestasi Faiq Fauzi dimulai dengan menjuarai OSN bidang matematika di tingkat Kabupaten Kubar. 

Mewakili Kubar, dia meraih peringkat 7 di tingkat Provinsi Kaltim. Pada OSN tingkat Nasional yang digelar 5-10 Juni tadi,pelajar SDN 10 Jambuk Makmur ini masuk dalam 15 orang yang menerima medali perunggu. “Pada tahun 2012, Muhammad Faiq Fauzi juga meraih juara 3 OSN Nasional di Jakarta,” kata Kadis Pendidikan Kubar, Ayonius, melalui Kasi Peningkatan Mutu SMP, Amon.

Dikatakan Amon, melihat kenyataan, tantangan terberat dihadapi peserta OSN (Fauzi, Red) yakni bersaing ketat dengan peserta provinsi lain. Karena para peserta dari provinsi se-Indonesia yang dikirim ke OSN tingkat nasional, merupakan siswa-siswi terbaik. “Terutama Jakarta dan Sumatera, semua peserta OSN sangat tangguh dalam bersaing. Syukur dan berbangga, menghadapi OSN tahun ini, Kubar kembali berhasil mempertahankan di posisi 3. Disdik Kubar, menurut Amon, kini mulai menyiapkan regenerasi, mencari bibit anak sekolah yang berprestasi di bidang mata pelajaran Matematika dan IPA. Karena itu, dalam waktu dekat Disdik akan mengadakan OSN tingkat kecamatan se-Kubar. “Apabila anak sudah duduk di kelas 6 SD, tidak bisa lagi ikut OSN. 

Disdik akan menyurati para kasi pen-didikan se-Kubar, guna mengadakan OSN tingkat kecamatan mencari siswa-siswi berprestasi mata pelajaran Matematika dan IPA. Sekarang ini sudah ada dua anak kelas 3 dan 4 dari SDN 010 Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan, yang memiliki prestasi terbaik pelajaran Matematika, mudah-mudahan nantinya dapat dibimbing,” imbuh Amon.(imr)

http://www.korankaltim.com/siapkan-regenerasi-wakil-di-osn/