EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Tumbuh di batang Ulin"

Benih-benih pohon tumbuh di sela-sela batang pohon ulin yang telah mati. Kayu Ulin itu masih bisa ditemukan di kawasan kebun milik  SDN 010 Bongan

(Foto: Rif'at Syauqi - Pelajar SDN 10 Bongan)

“Bunga Rumput Liar"

Sejumlah bunga rumput liar mirip bunga Anggrek, di temukan di depan ruang kelas 3 SDN Mekartani. Jenis rumput liar ini berbunga setiap hari secara bergantian. 

(Foto: Sri Maryati - Guru SDN Mekartani)

“Kampung Resak"

Kehidupan sore hari di kampung Resak Lama, di wilayah kecamatan Bongan, Kutai Barat. Suasananya yang asri dan warganya yang ramah. Hampir sebagian besar kampung unik itu didiami oleh keturunan suku dayak.

(Foto: Aji Nukhsyahbandi - Guru SDN 10 Bongan)

“Kelompok Musik"

Sekelompok pemusik tradisional bersiap menyambut kedatangan tamu pengantin laki-laki dalam adat pernikahan suku Dayak Lengilu di Desa Tanjung Lapang, Kec. Malinau Barat, Kalimantan Utara.

(Foto: Paksual - Guru SDN 002 Malinau Selatan Hilir)

“Melestarikan Adat"

Seorang siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, berpose di dalam balai adat Desa Setulang. Upaya penyelamatan budaya Dayak Kenyah Oma Lung masih terus dilakukan warga setempat.

(Foto: Erlan - Pelajar SDN 002 Setulang Malinau Selatan Hilir)

“Panen Kacang"

Para petani desa Mekartani sedang memanen tanaman kacang tanah. Hasil ladang itu dipasarkan di sekitar desa atau dijual hingga ke wilayah kecamatan Mendawai

(Foto: Yasmin - Pelajar SDN Mekartani)

“Kolam Terpal"

Di SDN 010 Bongan terdapat kolam buatan yang dilapisi terpal, untuk memelihara ikan nila. Tempat ini sering dijadikan media pembelajaran bagi siswa tentang keseimbangan ekosistem.

(Foto: Kurnia Syahfira D. - Pelajar SDN 10 Bongan)

Siapkan Regenerasi Wakil di OSN

SENDAWAR – Dunia pendidikan di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) patut berbangga. Itu karena Muhammad Faiq Fauzi, kembali meraih juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Bandung, Jawa Barat. Putera Kampung Jambuk Kecamatan Bongan ini, meraih medali perunggu bidang matematikan pada OSN tingkat SD/MI tahun 2013. Prestasi Faiq Fauzi dimulai dengan menjuarai OSN bidang matematika di tingkat Kabupaten Kubar. 

Mewakili Kubar, dia meraih peringkat 7 di tingkat Provinsi Kaltim. Pada OSN tingkat Nasional yang digelar 5-10 Juni tadi,pelajar SDN 10 Jambuk Makmur ini masuk dalam 15 orang yang menerima medali perunggu. “Pada tahun 2012, Muhammad Faiq Fauzi juga meraih juara 3 OSN Nasional di Jakarta,” kata Kadis Pendidikan Kubar, Ayonius, melalui Kasi Peningkatan Mutu SMP, Amon.

Dikatakan Amon, melihat kenyataan, tantangan terberat dihadapi peserta OSN (Fauzi, Red) yakni bersaing ketat dengan peserta provinsi lain. Karena para peserta dari provinsi se-Indonesia yang dikirim ke OSN tingkat nasional, merupakan siswa-siswi terbaik. “Terutama Jakarta dan Sumatera, semua peserta OSN sangat tangguh dalam bersaing. Syukur dan berbangga, menghadapi OSN tahun ini, Kubar kembali berhasil mempertahankan di posisi 3. Disdik Kubar, menurut Amon, kini mulai menyiapkan regenerasi, mencari bibit anak sekolah yang berprestasi di bidang mata pelajaran Matematika dan IPA. Karena itu, dalam waktu dekat Disdik akan mengadakan OSN tingkat kecamatan se-Kubar. “Apabila anak sudah duduk di kelas 6 SD, tidak bisa lagi ikut OSN. 

Disdik akan menyurati para kasi pen-didikan se-Kubar, guna mengadakan OSN tingkat kecamatan mencari siswa-siswi berprestasi mata pelajaran Matematika dan IPA. Sekarang ini sudah ada dua anak kelas 3 dan 4 dari SDN 010 Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan, yang memiliki prestasi terbaik pelajaran Matematika, mudah-mudahan nantinya dapat dibimbing,” imbuh Amon.(imr)

http://www.korankaltim.com/siapkan-regenerasi-wakil-di-osn/