EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Tumbuh di batang Ulin"

Benih-benih pohon tumbuh di sela-sela batang pohon ulin yang telah mati. Kayu Ulin itu masih bisa ditemukan di kawasan kebun milik  SDN 010 Bongan

(Foto: Rif'at Syauqi - Pelajar SDN 10 Bongan)

“Bunga Rumput Liar"

Sejumlah bunga rumput liar mirip bunga Anggrek, di temukan di depan ruang kelas 3 SDN Mekartani. Jenis rumput liar ini berbunga setiap hari secara bergantian. 

(Foto: Sri Maryati - Guru SDN Mekartani)

“Kampung Resak"

Kehidupan sore hari di kampung Resak Lama, di wilayah kecamatan Bongan, Kutai Barat. Suasananya yang asri dan warganya yang ramah. Hampir sebagian besar kampung unik itu didiami oleh keturunan suku dayak.

(Foto: Aji Nukhsyahbandi - Guru SDN 10 Bongan)

“Kelompok Musik"

Sekelompok pemusik tradisional bersiap menyambut kedatangan tamu pengantin laki-laki dalam adat pernikahan suku Dayak Lengilu di Desa Tanjung Lapang, Kec. Malinau Barat, Kalimantan Utara.

(Foto: Paksual - Guru SDN 002 Malinau Selatan Hilir)

“Melestarikan Adat"

Seorang siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, berpose di dalam balai adat Desa Setulang. Upaya penyelamatan budaya Dayak Kenyah Oma Lung masih terus dilakukan warga setempat.

(Foto: Erlan - Pelajar SDN 002 Setulang Malinau Selatan Hilir)

“Panen Kacang"

Para petani desa Mekartani sedang memanen tanaman kacang tanah. Hasil ladang itu dipasarkan di sekitar desa atau dijual hingga ke wilayah kecamatan Mendawai

(Foto: Yasmin - Pelajar SDN Mekartani)

“Kolam Terpal"

Di SDN 010 Bongan terdapat kolam buatan yang dilapisi terpal, untuk memelihara ikan nila. Tempat ini sering dijadikan media pembelajaran bagi siswa tentang keseimbangan ekosistem.

(Foto: Kurnia Syahfira D. - Pelajar SDN 10 Bongan)

Ini Dia Sekolah Paling Unik di Kaltim

KLIKTENGGARONG – SD Negeri 10 Bongan di Desa Jambuk Makmur, Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim), boleh jadi menjadi sekolah paling unik. Sebab, inilah sekolah dasar pelat merah yang mengusung tema lingkungan.

Di belakang mereka, ternyata ada World Wide Fund for Nature (WWF) – organisasi non pemerintah internasional yang menangani konservasi dan pelestarian alam. Di sana, mereka memberikan pembinaan.

Sekolah ini menjadi salah satu sekolah dasar yang paling menarik minat masyarakat Kubar –terutama para orangtua. Sebab, SD Negeri 10 Bongan memang telah dibangun dengan mengangkat tema hijau, serta program-program yang mendekatkan para siswa langsung dengan alam.

Kepala Sekolah SD Negeri 10 Bongan, M. Yusuf, menjelaskan pelbagai infrastruktur yang dimiliki bertujuan mendekatkan siswa dengan lingkungan sekitar. Caranya lewat praktik langsung.


Aktivitas belajar-mengajar di SD Negeri 10 Bongan. Tampak pula sekolah pelat merah bertema alam itu dari ketinggian. (Foto-foto: Istimewa)

Menurut Yusuf, sarana-sarana seperti rumah hijau, kandang kambing, kolam ikan, rumah kompos, ikut membuat para siswa betah berlama-lama belajar di sekolah. Ia menerangkan, pembinaan peningkatan kualitas para pengajar dari WWF sangat terasa mengubah sistem pengajaran. Bahkan menjadi lebih mendekatkan para siswa kepada alam. Selain itu, lanjut Yusuf, pembinaan dari WWF menarik minat wali murid untuk terjun langsung, demi membangun kondisi sekolah bertema hijau yang nyaman bagi aktvitias belajar anak. “Kesadaran wali murid luar biasa, banyak orangtua suka sistem pengajaran bertema alam yang diusung,” kata Yusuf.

Sementara itu, Koordinator Program Education for Sustainable Development WWF Indonesia, Rini Andriani, menegaskan pembinaan merupakan salahsatu usaha yang dilakukan WWF untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan alam. Ia menilai, penanaman sikap ramah kepada alam dari kecil merupakan langkah paling tepat, mencapai misi WWF menciptakan masa depan manusia yang ramah alam. Ia menambahkan, pemilihan SD Negeri 10 Bongan menjadi salahsatu sekolah binaan, adalah semangat dari para pengajar dan wali murid mendapatkan sistem pengajaran yang berkualitas.

Selain itu, Rini menjelaskan, kalau alasan pemilihan tentu saja karena SD Negeri 10 Bongan berlokasi di Jantung Borneo (Heart of Borneo). “Keinginan para pengajar dan walimurid mendapatkan pengajaran berkualitas, membuat kami semangat memberikan pembinaan,” ujar Rini. (*) Aktivitas belajar-mengajar di SD Negeri 10 Bongan. Tampak pula sekolah pelat merah bertema alam itu dari ketinggian. 

Sumber: http://kliktenggarong.com/berita-397-ini-dia-sekolah-paling-unik-di-kaltim.html#.VvubM7oCxXI.facebook

VIDEO TERKAIT

Media Trip SDN 010 Bongan

Media Trip SDN 010 Bongan, dihadiri oleh media kompas, Republika, majalah Bobo, Kalitim Pos, Beritasatu.com pada 24 Februari 2016