EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

SDN 002 Malinau Selatan

Gambaran Umum Tentang SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau

SDN 002 Malinau Selatan Hilir terletak di Jalan Long Tanyit, RT 06, Desa Wisata Setulang, Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau. Sekolah Dasar Negeri 002 Malinau Selatan Hilir berdiri pada tahun 1971 merupakan sekolah swasta yang bernama Sekolah Dasar Inpres Nomor 05 cabang Sekolah Dasar Induk di Pulau Sapi Kecamatan Malinau, Kabupaten Bulungan. 

Pada waktu itu sekolah ini dipimpin oleh Bapak Iwan Adjang (almarhum). Kemudian pada tahun 1980-1982 menjadi Sekolah Dasar Inpres Nomor 010 Setulang, Kecamatan Malinau, Kabupaten Bulungan, di bawah pimpinan Bapak Alang Lungu.

Pada tahun 1982-1986, menjadi Sekolah Dasar Inpres Nomor 011, Setulang Kecamatan Malinau, Kabupaten Bulungan, di bawah pimpinan Bapak Andareas Pengeran. Kemudian pada tahun 1987-2005, berganti pimpinan lagi yaitu Bapak Sima Malan sebagai Kepala Sekolah dan sejak pemekaran Kabupaten Malinau Tahun 2005, Sekolah Dasar ini berubah status menjadi SekolahDasar Negeri 002 Malinau Selatan.

Pada tahun 2005-2009, Sekolah Dasar Negeri 002 Malinau Selatan dipimpin oleh Bapak L. Wilis Bilung. Pada tahun 2009 -2012, Sekolah Dasar Negeri 002 Malinau Selatan dipimpin oleh Bapak I Nyoman Wigunaya, S.Pd. Pada tahun 2012 hingga sekarang, dipimpin oleh bapak Fanderson, S.Pd. Kemudian pada tahun 2014 sekolah ini berubah lagi namanya sesuai dengan pemekaran kecamatan yaitu: SD Negeri 002 Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau . 

Profil SDN 002 Malinau Selatan

Profile SDN 02 Setulang, Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau – Kalimantan Utara. Video diambil tanggal 27 November – 1 Desember 2015

Sekolah Dasar Negeri 002 Malinau Selatan Hilir mempunyai “visi”, “misi” dan “tujuan” ke depan demi kemajuan dan kualitas sekolah ini sebagaimana yang diharapkan oleh sekolah ini.

Visi: Terwujudnya siswa berprestasi dan memiliki kemampuan kompetitif yang berlandaskan keimanan.


Misi:

  1. Menanamkan keimanan melalui pengamalan ajaran agama dan kegiatan pembiasaan;
  2. Menerapkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan; 
  3. Menata lingkungan sekolah agar dapat dijadikan sebagai sumber belajar; 
  4. Memberikan penghargaan bagi warga sekolah yang berprestasi; 
  5. Pengelolaan manajeman sekolah secara tertib; 
  6. Ikut serta dalam kegiatan perlombaan akademik maupun non akademik.


Tujuan Sekolah:

  1. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
  2. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kabupaten Malinau; 
  3. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi; 
  4. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.


Keadaan Siswa Tahun Pelajaran 2011/2012:

Siswa

Jumlah Murid Per kelas

Total

I

II

III

IV

V

VI

Laki-laki

17

17

14

12

10

12

84

Perempuan

16

8

10

9

8

10

61

Jumlah

33

25

24

21

18

22

143


Tenaga Pendidik dan Kependidikan:

Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan Sekolah Dasar Negeri 002 Malinau Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Sekolah : 1 orang
  2. Guru Kelas : 6 orang 
  3. Guru CPNS : 3 orang
  4. Guru Kontrak : 1 orang
  5. Guru Agama (Kontrak) : 1 orang
  6. Guru Honor Sekolah : – orang
  7. Penjaga Sekolah (Honorer): 1 orang



Kebun sawi di belakang sekolah
Pintu masuk sekolah
Lorong sekolah

Guru dan murid setelah panen sawi di kebun sekolah



Halaman sekolah dan kelasSuasana lingkungan di depan sekolahAktifitas di perpustakaan

VIDEO TERKAIT

Profile SDN 02 Setulang

Profile SDN 02 Setulang, Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Kabupaten Malinau – Kalimantan Utara. Video diambil tanggal 27 November – 1 Desember 2015