EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

SDN 3 Pendahara

SDN 3 Pendahara berlokasi di Jl. Pendahara Danum Matei No.39, Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Sekolah ini memiliki luas tanah 13.600 M2. Kegiatan belajar mengajar sekolah ini mulai beroperasi pada tahun 1983 dengan nama awal SDN 5 Pendahara. 

Pada tahun 2002 terjadi penggabungan sekolah, sehingga SDN 5 Pendahara berubah nama menjadi SDN 3 Pendahara sampai sekarang.

Kepala Sekolah pertama yang menjabat Bapak Yohanes Katung dari tahun 1983-1990, kepala Sekolah yang kedua menjabat Bapak Petrus Ahal Onie,S.Pd.K dari tahun 1990-2002. Kepala Sekolah yang ketiga Bapak Barani Dalie dari tahun 2002-2005, kepala Sekolah yang keempat Bapak Sues,A.Ma.Pd. dari 2005-2013.

Saat ini sekolah dipimpin oleh Bapak Bambang Arianto,S.Pd. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas sekolah yang diharapkan menjadi sarana untuk belajar siswa maupun masyarakat sekitar.

SDN 3 Pendahara memiliki fasilitas 6 ruang belajar, 1 satu ruang guru, 1 ruang Kepala Sekolah, sebuah ruang perpustakaan gudang, toilet. Sekolah ini juga mempunyai tempat penampungan air, lahan parkir, serta tempat pembuangan sampah. 

Sekolah ini juga mempunyai lapangan sepak bola, kebun sekolah dan perumahan guru. Jumlah PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) SDN 3 Pendahara sebanyak 15 orang dan seorang operator sekolah. Jumlah siswa SDN 3 Pendahara sebanyak 152 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 75 orang. Prestasi yang pernah diperolah SDN3 Pendahara diantaranya adalah mendapat peringkat dua Ujian Nasional tingkat kecamatan. Tahun 2013 mendapat peringkat ke lima tingkat provinsi Kalteng dalam Lomba Adiwiyata.

A. VISI SEKOLAH DASAR NEGERI-3 PENDAHARA:

  1. “Menjadikan SD Negeri 3 Pendahara unggul dalam prestasi akademik, berwawasan global yang berorientasi pada lingkungan hidup”. Indikator Visi Sekolah Dasar Negeri-3 Pendahara adalah: 1. Memiliki nilai rata-rata UN minimal 7
  2. Menjadi juara olimpiade sains tingkat kecamatan
  3. Mampu mengoperasikan Komputer tingkat dasar
  4. Memanfaatkan IT (informasi teknologi) untuk kemajuan prestasi belajar peserta didik
  5. Mampu mengelola lingkungan dengan baik
  6. Kreatif dan inovatif dalam memamfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar 

B. MISI SEKOLAH DASAR NEGERI-3 PENDAHARA: 

  1. Menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang menyenangkan dan edukatif
  2. Menciptakan budaya etos kerja yang disiplin bagi semua warga sekolah
  3. Mengoptimalkan potensi sekolah untuk menumbuhkan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  4. Mengupayakan pendidikan yang berorientasi pada keterampilan hidup
  5. Melengkapi sarana dan prasarana untuk penguasaan IPTEK

C. TUJUAN SEKOLAH SEKOLAH DASAR NEGERI-3 PENDAHARA: 

  1. Terciptanya lingkungan yang memotivasi peserta didik untuk belajar mandiri dan kreatif tahun 2013/2014
  2. Terciptanya sikap disiplin kerja yang baik bagi semua warga sekolah tahun 2013/2014
  3. Terpenuhinya taraf pendidikan guru setingkat S.1/D IV tahun 2014
  4. Terpenuhinya target minimal (40 %) guru bersertifikat profesional (sertifikasi)
  5. Membekali peserta didik dengan pengetahuan dasar tentang pengelolaan pertanian, perkebunan, dan peternakan
  6. Tersedianya perangkat komputer yang cukup untuk pembelajaran tahun 2013/2014
  7. Setiap guru sudah mampu memamfaatkan IT (informasi teknologi) sebagai media pembelajaran tahun 2014/2015 

D. KEBIJAKAN STRATEGI SEKOLAH: 

  1. Penataan lingkungan, tata kelola sekolah, akuntabilitas dan transparansi manajemen sekolah
  2. Peningkatan kualifikasi pendidikan dan kompetensi guru
  3. Peningkatan mutu, relevansi lulusan SDN-3 Pendahara dengan sumber daya lokal 
  4. Pemanfaatan IT (informasi teknologi) sebagai sumber belajar