EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

SDN 01 Mekar Tani

Sekolah Dasar Negeri Mekar Tani terletak di Desa Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas lokasi Sekolah kurang lebih 10.000m2. 

Jumlah tenaga pengajar 9 orang. Terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan 3 tenaga guru honorer. Sebanyak 123 siswa-siswi yang ada di sekolah ini. 

Ruang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 6. Fasilitas lainya seperti perpustakaan, kantin sekolah, tempat parkir, dan kebun sekolah. 

Sarana lain adalah halaman sekolah yang luas sebagai tempat bermain, sarana air bersih, WC dan tempat pembuangan sampah. 

Tempat sampah dibuat secara terpisah antara sampah organik dan anorganik. SDN Mekar Tani dipimpin oleh kepala sekolah yang bernama Bapak MULYONO, S.Pd. Sejak tahun 2005 hingga sekarang SDN Mekar Tani menjadi sekolah binaan WWF. Para guru mendapat pelatihan tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD/Education for Sustainable Development), Kongres Guru Nasional maupun Kongres Guru Internasional dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). 

Dengan adanya bimbingan ini SDN Mekar Tani menjadi sekolah yang mampu menerapkan Pembelajaran Berkelanjutan serta menyebar luaskan ilmu yang telah diterapkan di sekolah. Selain itu WWF juga memberikan pelatihan tentang pengelolaan Rumah Belajar atau Perpustakaan serta alat penunjang lainya seperti, laptop, printer, infokus, dan buku penunjang di perpustakaan. 

Profil SDN 01 Mekar Tani (Lentera di tanah Borneo)

Profil singkat SDN 01 Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Dokumentasi diambil tahun 2014

A. Visi SD Negeri Mekartani, Mendawai

Mewujudkan sekolah yang berprestasi, disiplin, beriman, bertaqwa dan cinta lingkungan

B. Misi SD Negeri Mekartani, Mendawai

  1. Mengimplementasikan Pendidikan untuk Pembanguan Berkelanjutan dengan yang Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
  2. Mewujudkan budaya disiplin

C. Program SD Negeri Mekartani, Mendawai

  1. Mengubah visi dan misi sekolah yang mendukung penerapan ESD di sekolah
  2. Pembelajaran sudah melalui tindakan. Seperti pada pelajaran PLH, berkebun, mengayam serta integrasi 4 mata pelajaran dalam tema kebakaran lahan dan hutan
  3. PLH sebagai muatan lokal
  4. Isu lokal tentang kebakaran lahan dan hutan masuk dalam 4 mata pelajaran, yaitu PKn, IPA, IPS dan bahasa
  5. Pengembangan kapasitas guru, dengan dilakukan training tentang ESD di dalam KKG
  6. Pembuatan kerajinan anyaman, dimasukkan dalam pelajaran SBK
  7. Murid-murid belajar di sekolah, merancang serta mempraktekkan hasil rancangan mereka. Seperti membuat kebun sekolah, menata taman kelas, mengisi mading sekolah
  8. Beberapa kegiatan sekolah, bekerjasama dengan masyarakat. Melibatkan orang tua murid dan komite 
  9. Untuk mempermudah perawatan bangunan sekolah, siswa melepas sepatu saat masuk kelas 
  10. Menghemat pemakaian air, dengan memasang tulisan hemat air 
  11. Memanfaatkan sampah an organik yang ada di sekolah untuk menjadi kerajinan



Aktifitas siswa membersihkan tanaman
Kebun sekolah
Suasana sungai menuju sekolah

VIDEO TERKAIT

Lentera di Tanah Borneo - Lantern in heart of Borneo

Profil SDN 01 Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Dokumentasi diambil tahun 2014