EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Tumbuh di batang Ulin"

Benih-benih pohon tumbuh di sela-sela batang pohon ulin yang telah mati. Kayu Ulin itu masih bisa ditemukan di kawasan kebun milik  SDN 010 Bongan

(Foto: Rif'at Syauqi - Pelajar SDN 10 Bongan)

“Bunga Rumput Liar"

Sejumlah bunga rumput liar mirip bunga Anggrek, di temukan di depan ruang kelas 3 SDN Mekartani. Jenis rumput liar ini berbunga setiap hari secara bergantian. 

(Foto: Sri Maryati - Guru SDN Mekartani)

“Kampung Resak"

Kehidupan sore hari di kampung Resak Lama, di wilayah kecamatan Bongan, Kutai Barat. Suasananya yang asri dan warganya yang ramah. Hampir sebagian besar kampung unik itu didiami oleh keturunan suku dayak.

(Foto: Aji Nukhsyahbandi - Guru SDN 10 Bongan)

“Kelompok Musik"

Sekelompok pemusik tradisional bersiap menyambut kedatangan tamu pengantin laki-laki dalam adat pernikahan suku Dayak Lengilu di Desa Tanjung Lapang, Kec. Malinau Barat, Kalimantan Utara.

(Foto: Paksual - Guru SDN 002 Malinau Selatan Hilir)

“Melestarikan Adat"

Seorang siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, berpose di dalam balai adat Desa Setulang. Upaya penyelamatan budaya Dayak Kenyah Oma Lung masih terus dilakukan warga setempat.

(Foto: Erlan - Pelajar SDN 002 Setulang Malinau Selatan Hilir)

“Panen Kacang"

Para petani desa Mekartani sedang memanen tanaman kacang tanah. Hasil ladang itu dipasarkan di sekitar desa atau dijual hingga ke wilayah kecamatan Mendawai

(Foto: Yasmin - Pelajar SDN Mekartani)

“Kolam Terpal"

Di SDN 010 Bongan terdapat kolam buatan yang dilapisi terpal, untuk memelihara ikan nila. Tempat ini sering dijadikan media pembelajaran bagi siswa tentang keseimbangan ekosistem.

(Foto: Kurnia Syahfira D. - Pelajar SDN 10 Bongan)

SDN 01 Mekar Tani

Sekolah Dasar Negeri Mekar Tani terletak di Desa Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas lokasi Sekolah kurang lebih 10.000m2. 

Jumlah tenaga pengajar 9 orang. Terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan 3 tenaga guru honorer. Sebanyak 123 siswa-siswi yang ada di sekolah ini. 

Ruang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 6. Fasilitas lainya seperti perpustakaan, kantin sekolah, tempat parkir, dan kebun sekolah. 

Sarana lain adalah halaman sekolah yang luas sebagai tempat bermain, sarana air bersih, WC dan tempat pembuangan sampah. 

Tempat sampah dibuat secara terpisah antara sampah organik dan anorganik. SDN Mekar Tani dipimpin oleh kepala sekolah yang bernama Bapak MULYONO, S.Pd. Sejak tahun 2005 hingga sekarang SDN Mekar Tani menjadi sekolah binaan WWF. Para guru mendapat pelatihan tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD/Education for Sustainable Development), Kongres Guru Nasional maupun Kongres Guru Internasional dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). 

Dengan adanya bimbingan ini SDN Mekar Tani menjadi sekolah yang mampu menerapkan Pembelajaran Berkelanjutan serta menyebar luaskan ilmu yang telah diterapkan di sekolah. Selain itu WWF juga memberikan pelatihan tentang pengelolaan Rumah Belajar atau Perpustakaan serta alat penunjang lainya seperti, laptop, printer, infokus, dan buku penunjang di perpustakaan. 

Profil SDN 01 Mekar Tani (Lentera di tanah Borneo)

Profil singkat SDN 01 Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Dokumentasi diambil tahun 2014

A. Visi SD Negeri Mekartani, Mendawai

Mewujudkan sekolah yang berprestasi, disiplin, beriman, bertaqwa dan cinta lingkungan

B. Misi SD Negeri Mekartani, Mendawai

  1. Mengimplementasikan Pendidikan untuk Pembanguan Berkelanjutan dengan yang Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
  2. Mewujudkan budaya disiplin

C. Program SD Negeri Mekartani, Mendawai

  1. Mengubah visi dan misi sekolah yang mendukung penerapan ESD di sekolah
  2. Pembelajaran sudah melalui tindakan. Seperti pada pelajaran PLH, berkebun, mengayam serta integrasi 4 mata pelajaran dalam tema kebakaran lahan dan hutan
  3. PLH sebagai muatan lokal
  4. Isu lokal tentang kebakaran lahan dan hutan masuk dalam 4 mata pelajaran, yaitu PKn, IPA, IPS dan bahasa
  5. Pengembangan kapasitas guru, dengan dilakukan training tentang ESD di dalam KKG
  6. Pembuatan kerajinan anyaman, dimasukkan dalam pelajaran SBK
  7. Murid-murid belajar di sekolah, merancang serta mempraktekkan hasil rancangan mereka. Seperti membuat kebun sekolah, menata taman kelas, mengisi mading sekolah
  8. Beberapa kegiatan sekolah, bekerjasama dengan masyarakat. Melibatkan orang tua murid dan komite 
  9. Untuk mempermudah perawatan bangunan sekolah, siswa melepas sepatu saat masuk kelas 
  10. Menghemat pemakaian air, dengan memasang tulisan hemat air 
  11. Memanfaatkan sampah an organik yang ada di sekolah untuk menjadi kerajinan



Aktifitas siswa membersihkan tanaman
Kebun sekolah
Suasana sungai menuju sekolah

VIDEO TERKAIT

Lentera di Tanah Borneo - Lantern in heart of Borneo

Profil SDN 01 Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Dokumentasi diambil tahun 2014