EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

SDN 01 Mekar Tani

Sekolah Dasar Negeri Mekar Tani terletak di Desa Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas lokasi Sekolah kurang lebih 10.000m2. 

Jumlah tenaga pengajar 9 orang. Terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan 3 tenaga guru honorer. Sebanyak 123 siswa-siswi yang ada di sekolah ini. 

Ruang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 6. Fasilitas lainya seperti perpustakaan, kantin sekolah, tempat parkir, dan kebun sekolah. 

Sarana lain adalah halaman sekolah yang luas sebagai tempat bermain, sarana air bersih, WC dan tempat pembuangan sampah. 

Tempat sampah dibuat secara terpisah antara sampah organik dan anorganik. SDN Mekar Tani dipimpin oleh kepala sekolah yang bernama Bapak MULYONO, S.Pd. Sejak tahun 2005 hingga sekarang SDN Mekar Tani menjadi sekolah binaan WWF. Para guru mendapat pelatihan tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD/Education for Sustainable Development), Kongres Guru Nasional maupun Kongres Guru Internasional dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). 

Dengan adanya bimbingan ini SDN Mekar Tani menjadi sekolah yang mampu menerapkan Pembelajaran Berkelanjutan serta menyebar luaskan ilmu yang telah diterapkan di sekolah. Selain itu WWF juga memberikan pelatihan tentang pengelolaan Rumah Belajar atau Perpustakaan serta alat penunjang lainya seperti, laptop, printer, infokus, dan buku penunjang di perpustakaan. 

Profil SDN 01 Mekar Tani (Lentera di tanah Borneo)

Profil singkat SDN 01 Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Dokumentasi diambil tahun 2014

A. Visi SD Negeri Mekartani, Mendawai

Mewujudkan sekolah yang berprestasi, disiplin, beriman, bertaqwa dan cinta lingkungan

B. Misi SD Negeri Mekartani, Mendawai

  1. Mengimplementasikan Pendidikan untuk Pembanguan Berkelanjutan dengan yang Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
  2. Mewujudkan budaya disiplin

C. Program SD Negeri Mekartani, Mendawai

  1. Mengubah visi dan misi sekolah yang mendukung penerapan ESD di sekolah
  2. Pembelajaran sudah melalui tindakan. Seperti pada pelajaran PLH, berkebun, mengayam serta integrasi 4 mata pelajaran dalam tema kebakaran lahan dan hutan
  3. PLH sebagai muatan lokal
  4. Isu lokal tentang kebakaran lahan dan hutan masuk dalam 4 mata pelajaran, yaitu PKn, IPA, IPS dan bahasa
  5. Pengembangan kapasitas guru, dengan dilakukan training tentang ESD di dalam KKG
  6. Pembuatan kerajinan anyaman, dimasukkan dalam pelajaran SBK
  7. Murid-murid belajar di sekolah, merancang serta mempraktekkan hasil rancangan mereka. Seperti membuat kebun sekolah, menata taman kelas, mengisi mading sekolah
  8. Beberapa kegiatan sekolah, bekerjasama dengan masyarakat. Melibatkan orang tua murid dan komite 
  9. Untuk mempermudah perawatan bangunan sekolah, siswa melepas sepatu saat masuk kelas 
  10. Menghemat pemakaian air, dengan memasang tulisan hemat air 
  11. Memanfaatkan sampah an organik yang ada di sekolah untuk menjadi kerajinan



Aktifitas siswa membersihkan tanaman
Kebun sekolah
Suasana sungai menuju sekolah

VIDEO TERKAIT

Lentera di Tanah Borneo - Lantern in heart of Borneo

Profil SDN 01 Mekar Tani, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Dokumentasi diambil tahun 2014