EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

SMPN 2 Belimbing

Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Belimbing

Alamat (Jalan/Kec/Kab) : Jl. Propinsi Desa Batu Nanta Kecamatan Belimbing

Nama Kepala Sekolah : H. Budiyanto. S.Pd MM

No.Telp/Hp : 08125791959

Kategori Sekolah : SBI /SSN / Rintisan SSN *)

Tahun Didirikan/Th.Beroperasi : 2004/ 2006

Kepemilikan Tanah/Bangunan : Milik Pemerintah

A.Luas Tanah/Status : 20.000 M2 /SHM

B.Luas Bangunan : 750 m2

No. Rekening Rutin Sekolah : 045-4522003152 

Nama Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh

Visi SMPN 2 Belimbing

Mewujudkan siswa yang berkepribadian utuh, unggul dalam prestasi akademik dan non akademik, menguasai pengetahuan dan teknologi berlandaskan imam dan taqwa serta peduli pada lingkungan sekitarnya

Misi SMPN 2 Belimbing

  1. melaksanakan pendidikan dan proses pembelajaran yang efektif, efisien, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan 
  2. Mempunyai siswa/i yang berprestasi akademik dan berfikir maju, bermutu dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu bersaing di era globalisasi 
  3. Mempunyai siswa/i yang berprestasi non akademik; pada cabang renang, atletik, basket, voly ball, sehingga dapat terpilih pada peringkat pertama dan mewakili kabupaten melawi pada O2S pada propinsi Kalbar, pada cabang kesenian: Tari, menyanyi solo, vokal group, seni lukis, seni kriya, story telling, cipta baca puisi, seni batik, cipta lagu, cerpen sehingga dapat terpilih sebagai perwakilan kabupaten Melawi pada FLS2N di propinsi Kalbar
  4. Meningkatkan life skill sesuai dengan tuntutan hidup dan kebutuhan secara bertahap dan mengedepankan pola pendidikan hidup berkelanjutan 5. Santun, tekun beribadah dengan benar, berakhlak mulia dan memberi manfaat pada orang lain.

Program SMPN 2 Belimbing

  1. Menyusun struktur organisasi tim kerja PPB
  2. Mengefektifkan jum’at bersih melibatkan murid
  3. Sosialisasi PPB pada masyarakat, sekolah dan siswa
  4. Penanaman pohon (membuat hutan sekolah) 
  5. Pembuatan apotik hidup (Toga) 
  6. Pelatihan memanfaatkan barang bekas
  7. Pengadaan tong sampah organik/komposter dan non organik
  8. Penyediaan tempat wash foatl
  9. Menyediakan tempat penampungan air
  10. Pembuatan kantin sehat
Jumlah guru ada 15 orang

Jumlah siswa ada 126 orang

Guru yang telah training ESD

4 orang guru yang telah mengikuti training ESD