EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

SMPN 2 Belimbing

Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Belimbing

Alamat (Jalan/Kec/Kab) : Jl. Propinsi Desa Batu Nanta Kecamatan Belimbing

Nama Kepala Sekolah : H. Budiyanto. S.Pd MM

No.Telp/Hp : 08125791959

Kategori Sekolah : SBI /SSN / Rintisan SSN *)

Tahun Didirikan/Th.Beroperasi : 2004/ 2006

Kepemilikan Tanah/Bangunan : Milik Pemerintah

A.Luas Tanah/Status : 20.000 M2 /SHM

B.Luas Bangunan : 750 m2

No. Rekening Rutin Sekolah : 045-4522003152 

Nama Bank Kalbar Cabang Nanga Pinoh

Visi SMPN 2 Belimbing

Mewujudkan siswa yang berkepribadian utuh, unggul dalam prestasi akademik dan non akademik, menguasai pengetahuan dan teknologi berlandaskan imam dan taqwa serta peduli pada lingkungan sekitarnya

Misi SMPN 2 Belimbing

  1. melaksanakan pendidikan dan proses pembelajaran yang efektif, efisien, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan 
  2. Mempunyai siswa/i yang berprestasi akademik dan berfikir maju, bermutu dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu bersaing di era globalisasi 
  3. Mempunyai siswa/i yang berprestasi non akademik; pada cabang renang, atletik, basket, voly ball, sehingga dapat terpilih pada peringkat pertama dan mewakili kabupaten melawi pada O2S pada propinsi Kalbar, pada cabang kesenian: Tari, menyanyi solo, vokal group, seni lukis, seni kriya, story telling, cipta baca puisi, seni batik, cipta lagu, cerpen sehingga dapat terpilih sebagai perwakilan kabupaten Melawi pada FLS2N di propinsi Kalbar
  4. Meningkatkan life skill sesuai dengan tuntutan hidup dan kebutuhan secara bertahap dan mengedepankan pola pendidikan hidup berkelanjutan 5. Santun, tekun beribadah dengan benar, berakhlak mulia dan memberi manfaat pada orang lain.

Program SMPN 2 Belimbing

  1. Menyusun struktur organisasi tim kerja PPB
  2. Mengefektifkan jum’at bersih melibatkan murid
  3. Sosialisasi PPB pada masyarakat, sekolah dan siswa
  4. Penanaman pohon (membuat hutan sekolah) 
  5. Pembuatan apotik hidup (Toga) 
  6. Pelatihan memanfaatkan barang bekas
  7. Pengadaan tong sampah organik/komposter dan non organik
  8. Penyediaan tempat wash foatl
  9. Menyediakan tempat penampungan air
  10. Pembuatan kantin sehat
Jumlah guru ada 15 orang

Jumlah siswa ada 126 orang

Guru yang telah training ESD

4 orang guru yang telah mengikuti training ESD