EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

SDN 4 Sintang

VISI:


“Terselenggarakan pendidikan yang menjadi pusat unggulan dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, berdisiplin, patuh, trampil, berazaskan iman dan takwa”

MISI:

  1. Meningkatkan pembinaan pendidikan bagi siswa
  2. Meningkatkan kesejahteraan dan propesionalisme guru
  3. Meningkatkan kemitraan dan peran serta masyarakat yang peduli pada pendidikan
  4. Meningkatkan koordinasi antar instansi yang terkait
  5. Memberikan layanan khusus kepada anak-anak yang berbakat dan cerdas
  6. Memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar
  7. Meningkatkan pembinaan Olah Raga, UKS, Kepramukaan, Kesenian serta Keterampilan.

TUJUAN:

  1. Terciptanya kegiatan belajar yang unggul
  2. Terciptanya tenaga pendidikan yang berkualitas
  3. Memilih hubungan yang harmonis warga pendidikan, masyarakat, dan lembaga pemerintahan dalam menunjang keberhasilan pendidikan di sekolah
  4. Memiliki sarana dan prasarana

SASARAN:

  1. Siswa sebagai objek peningkatan mutu, guru sebagai mediator dan fasilitor tercapainya kegiatan belajar yang optimal
  2. Alat penunjang penyelenggaraan sekolah yang memadai
  3. Sarana dan prasarana yang memungkinkan untuk belajar yang nyaman, aman, dan harmonis
  4. Masyarakat, orang tua siswa serta komite sekolah yang mendukung kebijakan sekolah.

STRATEGI:

  1. Memberikan pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar (intra kulikuler) serta ekstrakulikuler sebagai bentuk pelayanan kepada siswa untuk menunjang keberhasilan siswa pengetahuan, minat, bakat, keterampilan, emosional, dan spritual
  2. Berupaya mengadakan hubungan yang baik dengan masyarakat, orang tua, dan komite sekolah
  3. Mengusulkan kepada pemerintah melalui dinas pendidikan untuk membantu fasilitas baik sarana maupun prasarana yang memadai guna menunjang keberhasilan pendidikan yang ada di sekolah
  4. Memotivasi Guru untuk selalu meningkatkan kualitas dirinya, baik melalui KKG, KKKS, Seminar, Workshop, Diklat, maupun mengikuti penyetaraan pendidikan formal.