EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Desa Berkelanjutan, Upaya Membangun Desa Mandiri

Pembangunan yang berkelanjutan dapat diartikan secara luas sebagai kegiatan-kegiatan di suatu wilayah untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di masa sekarang tanpa membahayakan daya dukung sumberdaya bagi generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya. Tantangan pembangunan berkelanjutan adalah menemukan cara untuk meningkatkan kesejahteraan sambil menggunakan sumberdaya alam secara bijaksana.

Dikutip dalam literatur www.sustainable.org, pembangunan berkelanjutan (sustainable development) adalah strategi dimana masyarakat mencari ekonomi pendekatan pembangunan yang juga menguntungkan lingkungan dan kualitas hidup setempat. Pembangunan berkelanjutan menyediakan kerangka kerja dimana masyarakat dapat menggunakansumber daya yang terbatas secara efisien, membuat infrastruktur yang efisien, melindungi dan meningkatkan lingkungan dan kualitas hidup, dan menciptakan bisnis baru untuk memperkuat mereka ekonomi. Hal tersebut dapat membantu menciptakan komunitas sehat yang dapat menopang generasi yang akan datang.

Di era arus globalisasi yang semakin kuat, maka harus diimbangi pula dengan kesadaran dalam memecahkan masalah ketimpangan sumberdaya alam. Kebijakan pembangunan harus memberi perhatian lebih tentang perlunya menata kembali landasan sistem pengelolaan aset-aset di wilayah, terutama di pedesaan. Penataan kembali kawasan tersebut lebih berupa integrasi kepada pemanfaatan ganda, yaitu peningkatan nilai ekonomi, pelestarian lingkungan atau ekosistem serta memperkuat tatanan sosial serta budaya lokal.

Dimasa yang akan datang, dalam konteks pembangunan pedesaan yang berkelanjutan atau mewujudkan Desa Berkelanjutan (sustainable village), pengelolaan sumberdaya di desa haruslah dilaksanakan dalam satu pola yang menjamin kelestarian lingkungan hidup serta menjaga keseimbangan biologis. Dalam mempertahankan kelestarian alam dan memperbaiki kualitas sumberdaya alam dapat diterapkan model pemanfaatan sumberdaya yang efisien dan berkelanjutan.

Perencanaan pembangunan di kawasan pedesaan secara secara nasional terkait dengan penetapan bagaimana, di mana, dan kapan perkembangan manusia terjadi, yang memengaruhi penggunaan sumber daya alam. Dalam menyusun rencana pembanguan desa, sangat penting beroreintasi ke dalam peningkatkan keberlanjutan hidup masyarakat desa. Konsep Sustainable Village dapat mempertahankan fungsi desa yang lebih kuat yaitu sebagai penyedia dan sebagai cadangan pangan nasional serta mempertahankan kualitas ekologi setempat.

Untuk itu, dalam mewujudkan pembangunan desa berkelanjutan diperlukan adanya kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya penyediaan infrastruktur berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Namun faktanya, penyediaan infrastruktur desa tidak menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional sehingga kualitas kehidupan di pedesaan tidak meningkat bahkan semakin menurun.

Salah satu hal dalam mewujudkan pembangunan desa berkelanjutan diperlukan pengembangan desa mandiri dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia. Desa mandiri yaitu desa yang dapat memenuhi kebutuhan akan prasarana dasar, dan kebutuhan pokok, serta dapat mensejahterakan masyarakatnya secara berkelanjutan yaitu menggunakan dan memanfaatkan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan saat ini dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, serta lingkungan sehingga tidak mengorbankan kebutuhan untuk generasi yang akan datang. Pola pembangunan manusia, fisik, sosial, dan ekonomi sangat memengaruhi keberlanjutan di tingkat lokal maupun secara global .

Desa mandiri dapat dikembangkan sesuai dengan potensi desa tersebut antara lain pertanian, perternakan, pertambangan, pariwisata alam atau desa sebagai destinasi wisata dan lain sebagainya. Salah satu potensi peningkatan ekonomi bagi warga desa, kawasan desa dapat dijadikan sebagai daerah tujuan wisata atau desa wisata. Potensi sumber daya alam yang alami, adat istiadat masyarakat yang masih terjaga serta kehidaupan masyarakat desa yang masih sederhana dapat diajadikan sebagai aset untuk pengembangan wisata alternatif. (BambangParlupi/2020)