EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

Kerajinan Tangan (Coming Soon)


Aneka Kerajinan Anyaman Khas Krayan

Kerajinan tangan suku Dayak yang dipasarkan di UKM Centre tersebut berupa "sawung" atau topi hiasan dinding, bakul tempat nasi, tikar yang terbuat dari rotan. Kemudian terdapat pula topi cowboy yang terbuat dari kulit kayu, mandau, tikar dari daun palm dan sejumlah jenis souvenir lainnya. Jenis souvenir yang paling laris dan diminati pengunjung adalah "sawung" dan bakul yang terbuat dari rotan.

Harga dari kerajinan tangan dari rotan tergantung bentuk dan jenisnya. "Sawung" dijual dengan harga Rp 130.000 per set yang terdiri atas lima buah berukuran bertingkat. Bakul tempat beras atau nasi bagi warga Suku Dayak Kecamatan Krayan harganya antara Rp 40.000 sampai Rp 170.000 perbuah.

Souvenir perahu finisi buatan tahanan dan nara pidana Lapas Nunukan, seharga Rp 125 ribu dan bantal kursi seharga Rp 65.000.

Silahkan Kunjungi Submenu E-shop lainnya: Makanan dan Minuman Jasa dan Wisata