EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

E-Shop


Selamat datang di E-Shop, toko yang menjual dan memperkenalkan produk hasil bumi dari desa dan sekolah dampingan di Kalimantan. E-shop ini merupakan etalase produk dan jasa dari berbagai komunitas, sekolah dampingan dan petani desa yang ada di Jantung Kalimantan (Heart of Borneo). Dengan hadirnya E-shop untuk memperkenalkan, mendampingi dan memasarkan semua produk dari komunitas, sekolah dampingan dan petani lokal. Diharapkan pula akan berdampak positif bagi masyarakat luas terutama untuk ketahanan pangan, kemandirian ekonomi dan perbaikan serta menjaga lingkungan di desa berkelanjutan. Produk dapat berupa makanan, minuman, obat tradisional, kerajinan tangan/souvenir, jasa pariwisata/guide, transportasi, penginapan, seni dan budaya. Kami berinisiasi menyiapkan ruang ini, sebagai tempat belajar dan berkolaborasi dengan siapa saja, yang memiliki perspektif dan tujuan yang sama yaitu memperkenalkan dan menjual produk maupun jasa dari masyarakat setempat. Sejak awal, E-shop ini tidak dimaksudkan untuk mengejar profit. Di balik seluruh produk yang dipajang dan dipasarkan memiliki cerita perjuangan masyarakat di berbagai komunitas di HoB. Dengan demikian, kami menganggap siapapun yang membeli dan mengkonsumsi produk-produk di mereka, secara tidak langsung mereka telah menjadi bagian dari perjuangan masyarakat itu sendiri.

Silahkan Kunjungi Submenu E-shop: