EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

Selamat Datang di Pustaka Sumatera


SD 01 Datarajan Tumbuhkan Kepedulian Lingkungan lewat Prakarya “Bantal Sampah” 

Menyadari peranan sekolah dalam memberikan dorongan kepada siswa untuk menumbuhkan rasa kepedulian lingkungan, SD 01 Datarajan di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, mengenalkan ide prakarya “Bantal Sampah” kepada siswa-siswinya sebagai salah satu bentuk penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB)/ Education for Sustainable Development (ESD). Bantal Sampah berbeda dengan bantal umumnya yang terbuat dari busa atau dakron. Bantal Sampah SD 01 Datarajan menggunakan sampah-sampah plastik yang telah dibersihkan dan dipotong-potong sebagai pengganti busa dakron. Murid kelas 1, 2 dan 3 membantu kakak-kakaknya di kelas 4, 5 dan 6 untuk mengumpulkan sampah dari lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka. Baca selengkapnya

INFORMASI LEBIH DETAIL KUNJUNGI WEBSITE WWW.PUSTAKASUMATERA.ORG