EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Selamat Datang di Pustaka Sumatera


SD 01 Datarajan Tumbuhkan Kepedulian Lingkungan lewat Prakarya “Bantal Sampah” 

Menyadari peranan sekolah dalam memberikan dorongan kepada siswa untuk menumbuhkan rasa kepedulian lingkungan, SD 01 Datarajan di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, mengenalkan ide prakarya “Bantal Sampah” kepada siswa-siswinya sebagai salah satu bentuk penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB)/ Education for Sustainable Development (ESD). Bantal Sampah berbeda dengan bantal umumnya yang terbuat dari busa atau dakron. Bantal Sampah SD 01 Datarajan menggunakan sampah-sampah plastik yang telah dibersihkan dan dipotong-potong sebagai pengganti busa dakron. Murid kelas 1, 2 dan 3 membantu kakak-kakaknya di kelas 4, 5 dan 6 untuk mengumpulkan sampah dari lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka. Baca selengkapnya

INFORMASI LEBIH DETAIL KUNJUNGI WEBSITE WWW.PUSTAKASUMATERA.ORG

Buku dan Media Publikasi

Modul Fasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Kelas 3

Modul ini disusun atas dukungan World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia sebagai acuan pendidik, terutama bagi tim fasilitator dan guru-guru Sekolah Dasar kelas 3, khususnya di sekitar Jambi dalam memfasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Modul ini disusun dengan membayangkan kondisi hutan, kebun, sungai, flora-fauna, keadaan sosial ekonomi dan segala potensi serta permasalahan yang dihadapi masyarakat, yang tinggal di sekitar Jambi. Namun demikian, panduan ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi PLH di daerah-daerah lain dengan beberapa modifikasi seperlunya. Fokus utama modul PLH ini adalah pada pengembangan metodologi pembelajaran bagi pendidik dalam mengajarkan PLH kepada usia anak. 

  • 2.66 mb38 halaman
Download

Modul Fasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Kelas 4

Modul ini disusun atas dukungan World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia sebagai acuan pendidik, terutama bagi tim fasilitator dan guru-guru Sekolah Dasar kelas 4, khususnya di sekitar Jambi dalam memfasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Modul ini disusun dengan membayangkan kondisi hutan, kebun, sungai, flora-fauna, keadaan sosial ekonomi dan segala potensi serta permasalahan yang dihadapi masyarakat, yang tinggal di sekitar Jambi. Namun demikian, panduan ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi PLH di daerah-daerah lain dengan beberapa modifikasi seperlunya. Fokus utama modul PLH ini adalah pada pengembangan metodologi pembelajaran bagi pendidik dalam mengajarkan PLH kepada usia anak. 

  • 3.33 mb, 44 halaman
Download

Modul Fasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Kelas 5

Modul ini disusun atas dukungan World Wildlife Fund for Nature (WWF) Indonesia sebagai acuan pendidik, terutama bagi tim fasilitator dan guru-guru Sekolah Dasar kelas 5, khususnya di sekitar Jambi dalam memfasilitasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Modul ini disusun dengan membayangkan kondisi hutan, kebun, sungai, flora-fauna, keadaan sosial ekonomi dan segala potensi serta permasalahan yang dihadapi masyarakat, yang tinggal di sekitar Jambi. Namun demikian, panduan ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi PLH di daerah-daerah lain dengan beberapa modifikasi seperlunya. Fokus utama modul PLH ini adalah pada pengembangan metodologi pembelajaran bagi pendidik dalam mengajarkan PLH kepada usia anak. 

  • 3.48 mb39 halaman

Download

Modul Pendidikan Lingkungan Hidup di Bukit Tiga Puluh, Jambi - Panduan bagi Fasilitator Komunitas

Modul pendidikan lingkungan hidup ini disusun untuk menjadi panduan bagi fasilitator komunitas maupun pendamping masyarakat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian ekosistem hutan Bukit Tiga Puluh. Dengan mempertimbangkan tipologi masyarakat lokal, masyarakat asli, masyarakat pendatang dan masyarakat adat yang tinggal di sekitar hutan Bukit Tiga Puluh maupun yang memiliki interaksi yang cukup tinggi dengan kawasan hutan, modul ini dibuat untuk digunakan sebagai panduan bagi fasilitator komunitas maupun pendamping masyarakat di yang memiliki fokus terkait kelestarian ekosistem.  

  • 8.29 mb100 halaman
Download

Bantal Unik dari Sampah Plastik

Keberadaan limbah plastik yang begitu banyak menjadikan penulis untuk mencoba memaksimalkan kreatifitas dengan mengubah sampah plastik menjadi bantal unik. Bantal unik ini dibuat dari bahan dasar limbah plastik di sekolah dan limbah rumah tangga dari para siswa SDN 1 Datarajan.  

  • 214 kb, 9 halaman
Download

Meningkatkan Prestasi dengan bermain Sambil Berlatih Di SDN 2 Karangrejo

Best Practise Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah Dasar Negeri 2 Karangrejo Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus.  

  • 1.2 mb41 halaman
Download

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Karangrejo

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Karangrejo Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Pada Konsep Gejala Alam di Indonesia Mata Pelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Examples Non examples Tahun Pelajaran 2015/2016. 

  • 531 kb14 halaman
Download

Education for Sustainable Development - Monitoring and Evaluation In ESD Assisted Schools

Presentasi mengenai hasil monitoring dan evaluasi di sekolah dampingan di Sumatera dalam bahasa Inggris. 

  • 358 kb, 7 halaman
Download

Panduan Mengelola Perpustakaan Sekolah & Taman Bacaan Masyarakat


Buku petunjuk praktis tentang Panduan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Taman Bacaan Masyarakat yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup dan masyarakat lokal di kawasan Pulau Sumatera. Tujuannya agar peserta pelatihan lebih mengetahui tata cara mengelola Perpustakaan Sekolah dan Taman Bacaan Masyarakat dalam kaitannya pengembangan program Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Disisi lain, dengan adanya perpustakaan diharapkan para pendidik, pelajar,serta masyarakat dapat berperan aktif dalam gerakan membaca buku dan peningkatan informasi. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program pengembangan "Rumah Belajar" yang sedang dilaksanakan di beberapa sekolah di Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh Naggroe Darussalam. 

  • 1.9 mb28 halaman
Download