EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Gula Tebu Krayan"

Ibu-ibu PKK tergabung dalam kelompok tani di Long Umung memproduksi gula tebu secara sederhana. Kebanyakan warga Krayan menggunakan gula tebu ini untuk dicampurkan sebagai pemanis minuman dan juga campuran untuk membuat kue.

“Kerbau Berkubang"

Kerbau merupakan salah satu jenis ternak penting di Krayan, kegunaannya yang sangat beragam mulai dari pengangkut kayu bakar dari hutan, transportasi, sebagai bahan pangan sampai pelengkap kegiatan seremonial adat maupun keagamaan.

“Sumber Daya alam Long Umung"

Long Umung kaya akan keragaman hayati, udara bersih dan segar serta tanah yang subur, sungai mengalir melintasi desa, dikelilingi pengunungan / bukit, air terjun dan sumbermata air bersih dan hutan. Produk khas dari desa ini adalah garam gunung, obat herbal dan padi adan yang di sukai oleh negara tetangga.

“Perkebunan Nanas"

Long Umung salah satu Lumbung Pangan di Krayan dikenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan lokal untuk kebutuhan sendiri dan dijual keluar desa. Long Umung memiliki tanah yang subur dan mudah ditanami sayur sayuran serta buah buahan lokal seperti perkebunan nanas, tebu, pisang dan manggis.

“Lokasi Long Umung"

adalah salah satu kawasan di Kec. Krayan Timur, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Daerah ini terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia. Disebut Lokasi Lung Umung karena  terdapat 7 desa lainnya bersama desa Long Umung yang merupakan desa berkembang.

SDN 010 Bongan Bersama WWF Indonesia, CSBB, Dan KOMPAD Memperingati Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional 2020

25 November 2020, Oleh Syahbandi Syahrir – SDN 010 Bongan

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2020 (HCPSN) diperingati setiap tanggal 5 November. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta untuk menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita. Pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2020 ini, tema yang diangkat adalah “Puspa dan Satwa untuk Harapan Ketahanan Pangan dan kesehatan”.

SD Negeri 010 Bongan bersama WWF Indonesia, Club Sahabat Bumi Borneo (CSBB), dan Komunitas Pencinta Alam Damai (KOMPAD) berinisiatif memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2020 dengan Lomba Online dan Workshop. Lomba HCPSN 2020 secara Online diadakan dari tanggal 9 November-22 November 2020, Dengan 6 macam lomba ada lomba mengambar TK/RA, Lomba Mengambar SD Kelas 1 2 3, Lomba Mengambar SD Kelas 4 5 6, Lomba Cipta Baca Puisi SMP/MTs, Lomba Poster SMA/SMK/MA, dan Lomba Video Pendek SD/SMP/SMA Tingkat Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Peserta yang ikut serta ada 122 Peserta dari 19 Sekolah yang berbeda. Hadiah Lomba di Sponsori Oleh WWF Indonesia, Bankkaltimtara, AMJ, dan SPBU Jambuk Makmur.

Pada 23 November 2020 dilanjutkan kegiatan Workshop Kebijakan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan ESD Tingkat Sekolah Dasar di Indonesia dan Penguman Juara Lomba HCPSN 2020 secara online. Workshop diikuti secara Luring dan Daring, Peserta Luring mengikuti kegiatan tersebut dengan hadir secara langsung di SDN 010 Bongan sedangkan yang Daring mengikuti kegiatan melalui zoom meeting. Yang hadir secara langsung ada 52 peserta dan yang melalui zoom meeting ada 22 peserta dari sekolahan dan instansi di Kutai Barat. Pada kegiatan Workshop dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kutai Barat Bapak Silvanus Ngampun,S.IP.M.Si dan diisi 2 Pemateri oleh ibu Stien Matakupan dari dan ibu Sri Jimmi WWF Indonesia.

Besar harapan dari kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan, dan timbul komitmet dan ada kesempatan untuk melakukan sesuatu yang berarti untuk generasi muda dan kelestarian alam di bumi Kutai Barat.