EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Belalang Ranting Berduri"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Cakrawala Borneo 2019"

Siswa SDN Tahai Baru 2 sedang asyik membidik apa saja yang berada di kebun sekolahnya dalam Pelatihan pembuatan dokumentasi foto dengan materi pengenalan fotografi sederhana dan menarik dalam bentuk pembuatan foto bercerita.

“Sisa Kebakaran Kebun"

Kebun milik warga Desa Tahai tidak luput dari terjangan kebakaran lahan pada bulan Oktober 2019 lalu. Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah terjadi hampir sepanjang tahun akibat faktor manusia dan faktor alam.

(Foto: Satria Bintang P. - Pelajar SDN Tahai Baru 2)

“Memetik Salak di Kebun Sekolah"

Siswa SDN Tahai Baru 2 sedang memetik buah salak yang tumbuh di belakang sekolah. Ada puluhan batang tanaman salak tumbuh subur di sekitar sekolah yang buahnya terasa manis.

(Foto: Anton Febriyanto - Pelajar SDN Tahai Baru 2)

“Pengenalan Tumbuhan Obat"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Malinau, Kalimantan Utara, memperhatikan gurunya bagaimana mengenali tumbuhan obat di hutan sekolah yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Suku Dayak Kenyah Oma Lung.

Kantin Nusantara SDN 010 Bongan

25 Oktober 2019 -  Oleh Sari Eka Pusvita, S.Pd - SDN 010 Bongan

Kantin sekolah merupakan salah satu hal penting di sekolah. Karena di situlah hampir semua siswa akan mendapatkan asupan makanan setiap hari saat di sekolah. Kantin sekolah tentunya harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Kantin sekolah haruslah bersih dan menyediakan makanan yang sehat. 

Kantin SDN 010 menerapkan konsep alam terbuka di mana meja makan terletak berdampingan dengan kebun sekolah. Sehingga nuansa alam yang hijau dapat dinikmati sambal menyantap menu makanan di kantin. Di kantin Nusantara 010 Bongan, tidak akan dijumpai lagi penggunaan kresek plastik ataupun sedotan plastik. Semua yang berbelanja diharuskan membawa tempat makanan dan botol minum sendiri dari rumah. 


Keunikan dari Kantin ini adalah penggunaan Kupon Belanja. Setiap warga sekolah yang ingin berbelanja di Kantin Nusantara harus menukarkan uangnya dengan Kupon Belanja yang telah disediakan oleh pengurus Kantin Sekolah. Penggunaan kupon belanja ini bertujuan untuk:

  • Mengurangi penyebaran virus dan bakteri melalui uang kertas
  • Menghindari system pengembalian uang menggunakan permen atau sejenisnya
  • Sisa kupon yang tidak dibelanjakan bisa ditukar kembali dengan uang, atau bisa juga ditabung melalui tabungan SIMPEL yang dikelola sekolah bersama Bankaltimtara.