EnglishFrenchGermanItalianJapaneseKoreanRussianSpanish

“Serangga Hutan"

Aneka serangga liar ditemukan di sekitar Desa Setulang yang dikelilingi deretan bukit hijau berhutan tropis khas Kalimantan Utara. Keberadaan serangga di alam liar merupakan bagian penting dari khazanah keanekaragaman hayati di sekitar desa.

“Topeng Daun"

Siswa SDN 002 Malinau Selatan Hilir, Setulang, Kalimantan Utara sedang berpose dengan daun berukuran besar di hutan sekolahnya. Keberadaan hutan sekolah dapat menjadi sumber literatur atau pustaka alam yang hidup dan banyak menyimpan ilmu pengetahuan.

“Pendataan Tumbuhan"

Ada lebih dari seratus jenis pohon khas hutan hujan Kalimantan Utara yang tumbuh di areal seluas 5 hektare di Kawasan Hutan Sekolah SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Rimba alaminya juga dihuni sejumlah fauna unik seperti aneka jenis burung, mamalia, berbagai macam serangga serta ditemukan sejumlah bangsa reptilia.

“Hutan Adat Tane' Olen"

Tane’ Olen adalah hutan hujan tropis di hulu Sungai Setulang yang masih alami. Sungai, bukit dan lembahnya berjejal aneka ragam fauna liar. Tanahnya subur, kaya akan humus dan menghasilkan mata air jernih yang mengalir menuju Sungai Setulang menuju ke pemukiman Dayak Kenyah Oma Lung.

“Belajar di Luar Kelas"

Pembelajaran di luar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas, seperti: taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Kantin Nusantara SDN 010 Bongan

25 Oktober 2019 -  Oleh Sari Eka Pusvita, S.Pd - SDN 010 Bongan

Kantin sekolah merupakan salah satu hal penting di sekolah. Karena di situlah hampir semua siswa akan mendapatkan asupan makanan setiap hari saat di sekolah. Kantin sekolah tentunya harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Kantin sekolah haruslah bersih dan menyediakan makanan yang sehat. 

Kantin SDN 010 menerapkan konsep alam terbuka di mana meja makan terletak berdampingan dengan kebun sekolah. Sehingga nuansa alam yang hijau dapat dinikmati sambal menyantap menu makanan di kantin. Di kantin Nusantara 010 Bongan, tidak akan dijumpai lagi penggunaan kresek plastik ataupun sedotan plastik. Semua yang berbelanja diharuskan membawa tempat makanan dan botol minum sendiri dari rumah. 


Keunikan dari Kantin ini adalah penggunaan Kupon Belanja. Setiap warga sekolah yang ingin berbelanja di Kantin Nusantara harus menukarkan uangnya dengan Kupon Belanja yang telah disediakan oleh pengurus Kantin Sekolah. Penggunaan kupon belanja ini bertujuan untuk:

  • Mengurangi penyebaran virus dan bakteri melalui uang kertas
  • Menghindari system pengembalian uang menggunakan permen atau sejenisnya
  • Sisa kupon yang tidak dibelanjakan bisa ditukar kembali dengan uang, atau bisa juga ditabung melalui tabungan SIMPEL yang dikelola sekolah bersama Bankaltimtara.